Kadis DPPKB Adnan Pembinan Sosialisasi Terhadap kampung (KB)

39

SAROLANGUN – Tujuan terbentuknya kampung KB Meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat melaluai program Kependudukan Keluarga  Berencana Pembagunan keluarga (KKBPK) yang terintegrasi dengan
sektor pembangunan lainya
sasaran lansung keluarga Pasangan usia subur (Pus), Balita, Remaja dan Lansia.

Ada diantaranya sasaran tidak lansung yakni petugas lapangan, tokoh formal, tokoh informal, tokoh masyarakat, toko agama pembantu pembina KB desa ( PPKBD ) dan sub PPKBD organisasi-organisasi.

Kepala Dinas DPPKB. H. Adnan mengucapkan Alhamdulillah Sejak dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 14 Januari 2016, sampai sekarang 2019 Kampung KB berkembang di Kabupaten Sarolangun.

Diantaranya Kabupaten Sarolangun sudah terbentuk kampung KB dan pembinaan serta sosialisasi di beri kepada masyarakat dan kelompok yang ada di desa-desa yang sudah terbentuk Kampung KB.

Kegiatan di laksanakan maraton di dua Kecamatan yakni Kecamatan Pauh dan Kecamatan Mandiangin di hadiri oleh dr. Irwan Miswar, Mellysa Pusparani, Camat Pauh, Camat Mandiagin, dan para undangan. Rabu (21/08/2019).

Pembangunan keluarga dan pembangunan sektor terkait, dalam upanya meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat,  dimana kampung (KB,) tersebut menjadi program prioritas Presiden Jokowi yang merupakan bagian Nawacita ke 3.

Kadis DPPKB. H. Adnan Hs menerangkan Kampung KB yang sudah terbentuk di setiap Kecamatan yakni:

1. Kecamatan Sarolangun, Desa Tinting
2. Kecamatan Batin VIII, Desa Batu Penyabung
3. Kecamatan Pauh, Desa Batu Kucing
4.Kecamatan Pauh, Desa Lubuk Napal baru
5. Kecamatan Mandiagin, Desa Pemusiran, dan Desa Jati Baru Mudo
6. Kecamatan Batang Asai, Desa Bukit Kalimau Ulu, dan Desa Datuk Nan Duo.
7. Kecamatan Air Hitam, Desa Jernih.
8. Kecamatan CNG, Desa Teluk Tigo
9. Kecamatan Limun, Desa Muara Limun
10. Kecamatan Pelawan, Desa Lubuk Sayak dan
11. Kecamatan Singkut, Desa Serdang Sari.

Kampung KB merupakan salah satu “senjata pamungkas” pemerintah dalam mengatasi masalah kependudukan.

Kampung KB, kedepannya akan menjadi ikon program kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Kehadiran Kampung KB bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor lain dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

(Afdol)