Hore.! Kel. Sukasari Jadi Percontohan Peralihan Gas Elpiji Tabung ke Gas Prabayar

77

SAROLANGUN – Kelurahan Sukasari bakal menjadi Kelurahan percontohan untuk peralihan penggunaan gas elpiji tabung dengan sistem ke gas prabayar, atau dengan pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga yang ada di Kelurahan Sukasari.

Ada 5500 rumah yang akan menerima maanfaat diadakannya program dari Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral RI, bersama konsultan SENA (Solusi Energi Nusantara), milik anak cabang  BUMN yang bekerjasama dengan Pemkab Sarolangun.

Diawal tahun 2020 nanti untuk pertama kalinya Kabupaten Sarolangun bakal menerapkan BBG (Bahan Bakar Gas), dengan sistem pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga atau bahan bakar gas prabayar, dengan menggunakan pipa gas saluran ke rumah penduduk. Hal ini disebut akan mengirit penggunaan gas dibandingkan dengan  gas tabung seperti biasanya digunakan ibu rumah tangga.

Lurah Sukasari, Kisom menyambut baik wilayahnya dijadikan sebagai percontohan dalam penggunaan gas prabayar dan pembayaran dilakukan sesuai pemakaian perbulan sekali. Rabu (24/07/2019) kemarin.

Hal ini dimaksudkan sebagai solusi menjawab kelangkaan gas tabung yang selama ini kerap terjadi. 5500 kepala keluarga di Kelurahan Sukasari yang bakal menjadi percontohan, akan diberikan per kepala keluarga satu kompor gas secara gratis.

Penerapan jaringan gas bumi untuk rumah tangga telah dikaji dari perspektif keamanan, dan dijamin bagi pengguna gas prabayar tidak akan terjadi adanya ledakan seperti biasa yang terjadi pada gas tabung.

” Saat ini tim survey dari konsultan SENA sedang melakukan sosialisasi bersama masyarakat tentang cara dan keamanan dalam menggunakan BBG, dalam hal pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga,” jelas Kisom.

(Afdol)