H. Adnan Hadiri Pemusnahan Obat Tanpa Izin Di Kejari Sarolangun

46

SAROLANGUN – Kepala dinas kesehatan Kabupaten Sarolangun H. Adnan, SE, Mks menghadiri pemusnahan obat-obatan tanpa izin di kejaksaan negeri Sarolangun, Kamis (30/08/2018).

Obat-obatan yang dimusnahkan memang sebagian didapat di toko obat, seperti obat pelangsing, viagra, obat tulang hingga obat khusus untuk perempuan dan laki-laki.

Kepala Dinas Kesehatan H. Adnan, SE, Mks, menyampaikan, “Pihaknya selalu melakukan pengawasan di setiap apotek yang beroperasi di Kabupaten Sarolangun. Apotek adalah merupakan satu fasilitas kesehatan yang menjadi naungan Dinas Kesehatan.

Adnan menghimbau kepada setiap kepala Puskesmas untuk aktif melakukan evaluasi di setiap apotek atau toko obat yang ada di wilayahnya masing-masing.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan BPOM untuk penanggulangan adanya toko obat yang menjual obat- obatan tanpa izin. Termasuk kosmetik yang dapat membahayakan bagi masyarakat.

Adnan juga mengimbau kepada masyarakat jika memiliki keluhan penyakit bisa langsung melakukan pengobatan ke dokter atau Puskesmas.

Seiring mulai maraknya produk dan pengobatan obat-obatan herbal yang diduga masih tidak memiliki izin.

“Obat herbal olahan yang tidak diketahui pasti kandungan dan fungsinya dikhawatirkan justru dapat memperparah kondisi penderita penyakit. Dalam dunia medis memang tidak disarankan menggunakan obat herbal olahan karena tidak diketahui pasti kandungannya, tutup Kadis Kesehatan Sarolangun, H. Adan, SE, Mks.

(Afdol)