Gubernur Mengambil Sumpah Pengukuhan Anggota BPSK, Sarolangun, M. Bungo, Dan Sungai Penuh

41

 

NETIZENEWS.CO.ID/JAMBI-Gubernur Provinsi Jambi Zumi Zola melalui asisten II Ir. Agus Sunaryo mengambil sumpah pelantikan dan pengukuhan Anggota Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) yang terdiri dari tiga Kabupaten/Kota Se-Provinsi Jambi, senin (27/11/2017) di Aula BAPPEDA Provinsi Jambi.

Pengambilan sumpah pengukuhan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) yang terdiri dari tiga Kabupaten/Kota, yakni dari Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Muara Bungo, dan Kotamadya Sungai Penuh, yang berjumlah 27 anggota Majelis BPSK, yang terbagi per-Kabupaten/Kota sembilan (9) anggota.

Adapun pungsi BPSK diantaranya, melaksanakan penanganan dan penyelesaian sengketa Konsumen dg cara melalui mediasi atau arbitrase atau Konsiliasi, menerima pengaduan baik tertulis dari Konsumen tentang terjadinya pelanggaran terhadap perlindumgan Konsumen, melakukan penelitian dan pemeriksaan sengketa perlindungan Konsumen, memanggil dan menghadiri salsi, saksi ahli, pelanggaran terhadap UU No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, memutuskan dan menetapkan ada atau tidak adanya kerugian di pihak Konsumen, memberitahukan putusan kepada pelaku udaha yg melakukan pelanggaran terhadap Perlindungan Konsumen, dan menjatuhkan sanksi administratif kepada pelaku usaha yg melanggar ketenyuan UU No.8 tahun 1999 tentang perlindungan Konsumen.

Dasar dari pengambilan sumpah dan pengukuhan anggota Majelis BPSK Kabupaten/Kota Se-Provinsi Jambi tahun 2017, tanggal 27 November 2017. Keputusan Gubernur Nomor. 1297/KEP. GUB DISPERINDAG-5. 3/2017, tentang Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Anggota Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Provinsi Jambi.

Akibat segala biaya ditimbulkan akibat dikeluarkannya keputusan surat keputusan ini dibebankan pada DPA-SKPD No. 3.06.02.15.12.5.2 ditetapkan di Jambi 20 November 2017 di tandatangai dan Cap Gubernur Jambi H. Zumi Zola Zulkifli, dengan tembusan Menteri Perdagangan Republik Indonesia (RI).

Dalam penyampaian Gubernur melalui asisten II mengucapkan selamatkan kepada anggota BPSK yang telah diambil sumpah atas pengukuhan, semoga dapat berperan dalam membantu konsumen yang selama ini selalu pihak yg dirugikan bagi pengusaha, agar dapat terciptanya iklim ekonomi yang baik dan sehat antara kedua belah pihak yakni pengusaha dan konsumen, ujarnya.
(Sopyan Abusro)