GP Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kab.Sarolangun Gelar Rapat Kerja Tahun 2020

290

SAROLANGUN-GP Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sarolangun menggelar Rapat Kerja  Tahun 2020 Masa Bakti 2017-2022,

Kegiatan pelaksanaan Rakercab di Sekretataian Kwartir Cabang Sarolangun, Sabtu siang (14/11/2020) Jam.10.00 WIB.

M. Padlan Arafiqi Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Sarolangun mengatakan, rapat kerja memang harus dilaksanakan minimal 1 (satu) kali dalam satu tahun. Tujuan nya untuk mengevaluasi kegiatan-kegiatan pada tahun 2020, mempersiapkan kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun 2020, dan merencanakan kegiatan untuk tahun 2021 yang akan datang, katanya.

“Selain dari 3 poin tersebut rapat kerja cabang adalah tempat untuk berdiskusi, menyampaikan apa saja yang perlu dibenahi dalam pelaksanaan kegiatan untuk 1 tahun mendatang, mengingat dalam kurun waktu 1 tahun ini banyak sekali kegiatan yang telah kita laksanakan baik kegiatan di tingkat Cabang, Ranting atau pun kegiatan yang berupa partisipasi tingkat Daerah ataupun Nasional bahkan Internasional. itu semua adalah bentuk kerjasama dari Kwartir Cabang dengan Kwartir diatasnya ataupun Kwartir Ranting di dalam wilayah Kuartir Cabang Gerakan Pramuka Sarolangun” ujar Rafiq.

Lanjutnya, kegiatan-kegiatan ini tentunya memiliki kekurangan dan hambatan-hambatan. Adapun beberapa hal yang perlu diingat dalam rapat kerja yang perlu diperhatikan diantaranya,

Rapat kerja hendaknya menjadi Starting point untuk menghasilkan kwalitas kegiatan yang lebih baik, kemudian mampu menghasilkan rumusan kebijakan yang berorientasi pada internal dan eksternal organisasi, memetakan hambatan dan pencapaian yang harus ditempuh, sebagai organisasi kepanduan yang mendapatkan kepercayaan, harusnya mampu memerankan diri sesuai dengan peran yang telah diamanatkan dalam UU dan AD/ART Gerakan Pramuka sehingga tetap mendapat apresiasi yang tinggi di tengah masyarakat. serta hendaknya program yang disusun mampu memacu kreativitas anggota Pramuka untuk selalu inovatif dan produktif, melalui peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan sikap dalam pencapaian prestasi, ucapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk mempersiapkan kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 Kwarcab gerakan Pramuka mendapatkan anggaran sebesar 500 Ratus juta Anggaran tersebut tentunya tidak bisa dipergunakan sembarangan karena harus ada pertanggungjawaban. Untuk itulah melalui rapat kerja ini perlu direncanakan penggunaan dana dan akan menjadi program bersama kedepan, pungkasnya Rafiq.#.AF.RN.