Fokus Pembangunan Jalan, Warga Apresiasi Bupati Cek Endra

59

Foto utama : Kades Pematang Kolim, Usep Surya Mulyana bersama Warga di ruas jalan Desa Pematang Kolim

SAROLANGUN- Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra dalam program pembangunan tahun 2019 tetap fokus pada pengaspalan dan pembangunan jalan, tidak hanya di pusat Pemerintahan, tetapi juga membangun jalan di desa-desa yang jauh dari pusat kota.

Dari penelusuran Media ini, Pembangunan dan pengaspalan jalan dilakukan di Kecamatan Pauh, Mandiangin, Air Hitam, Cermin Nan Gedang, Singkut, Pelawan dan di Kecamatan lainnya.

Di Kecamatan Pelawan, salah satunya pembangunan jalan utama menuju Desa Mekar Sari Kecamatan Pelawan Kabupaten Sarolangun, selesai dikerjakan dan jelas menambah kelancaran transportasi dan mempermudah akses usaha pertanian bagi warga pengguna jalan.

Foto 2 : Ali Mukti,Kades Batu Putih bersama warga di ruas jalan Desa Batu Putih

Jalan yang merupakan urat nadi perekonomian warga empat desa ini, yakni Desa Mekar Sari, Pematang Kolim, Batu Putih dan Sungai Baung Kecamatan Pelawan, dibangun jalan aspal hot mix, mulus layaknya ruas jalan Kabupaten, semakin membuat lancarnya transportasi dan akses pertanian warga dari dan ke Ibu Kota Kabupaten Sarolangun.

Diketahui, panjang jalan yang dibangun dengan aspal hor mix ini sekitar 9,5 Kilo meter (KM), dibangun dengan dana APBD dan APBD-P Kabupaten Sarolabgun tahun 2019.

Akses jalan dengan Aspal mulus di ruas jalan Desa Batu Putih

Pembangunan jalan aspal hot mix ini menuai apresiasi (pujian) warga yang menerima manfaat langsung, karena diakui dengan akses jalan ini membuat segala urusan warga semakin mudah dan nyaman.

Usep Surya Mulyana, Kepala Desa (Kades) Pematang Kolim saat ditemui wartawan media ini mengutarakan rasa terima kasihnya atas dubangunnya jalan aspal ini, menurutnya dengan kondisi jalan aspal mulus ini segala akses ke Ibu Kota Kabupaten semakin lancar dan nyaman, begitu pun akses dalam menjual hasil pertanian.

“Saya atas nama warga masyarakat berterima kasih atas dibangunnya jalan aspal ini, karena segala urusan menjadi semakin lancar, begitu pun sebagai akses ekonomi dalam menjual hasil pertanian warga,” ucap Kades yang biasa disapa Kang Uus, Minggu (22/12/2019) kemarin.

Lanjut Kang Uus, ini merupakan bukti Pemerintah melayani rakyatnya dengan pembangunan infra struktur yang baik.

“Intiya, Pemerintah dan DPRD mengabulkan aspirasi rakyat dengan pembangunan jalan (infra struktur) yang baik sesuai yang didambakan rakyat,” tambah Kang Uus.

“Ketebalan jalannya bagus, sesuai standar dan ini akan kami jaga bersama warga pemakai jalan, termssuk mengajak pemilik angkutan sawit dan karet, agar jalan bisa termanfaatkan dalam waktu yang lama (wajar),” lanjut Kades Uus.

Kades Uus juga menyebut dengan jalan yang bagus, Petani bisa langsung menjual hasil tani tanpa perantara (tengkulak) dan menjual dengan harga mahal, diakuinya sebelum jalan bagus, Petani menjual hasil tani kepada tengkukak, tentu dengan harga di bawah harga pasaran.

“Kalau jalan bagus, Petani bisa menjual sendiri hasil taninya, bisa dengan harga mahal. Sebelumnya dijual kepada tengkulak,” pungkas Kades Uus.

Pada hari yang sama, Apresiasi juga datang dari Ali Mukti, Kades Batu Putih.

“Kami Pemerintah desa dan warga masyarakat Desa Batu Putih menyambut baik dan berterima kasih kepada Bupati Cek Endra dan DPRD Sarolangun atas pengaspalan jalan utama desa,” ungkap Kades Ali Mukti.

(Abah Agus)