Duga PT. APTP Agrindo Bangkang Kewajiban CSR. Masyarakat Ancam Tolak Perpanjang HGU

55

PT. Agrindo  Panca  Tunggal  Perkasa semenjak kali pertama dibuka pada tahun 2015 hingga sampai sekarang Perusahaan tersebut di duga tidak pernah memenuhi kewajibannya memberi bantuan CSR kepada masyarakat setempat.

Untuk lebih menguatkan bagaimana pengaturan CSR, Pemerintah membetuk Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Perseroan Terbatas, yang pada intinya menyatakan bahwa setiap Perusahaan mempunyai tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Tanggung jawab sosial dan lingkungan sebagaimana dimaksud diatas menjadi kewajiban bagi Perusahaan yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang atau berkaitan dengan Sumber Daya Alam (SDA). Kewajiban tersebut dilaksanakan baik di dalam maupun di luar lingkungan Perusahaan.

Menyangkut dengan persoalan di atas masyarakat bermusyawarah bermupakat dengan para tokoh masyarakat, persoalan terhadap PT. APTP Agrindo Kelurahan Gunung Kembang Kecamatan Sarolangun Kabupaten Sarolangun, tadi malam Senin (9/12/2018).

Ketua koperasi  Gunung  Kembang  Mandiri Ardiansyah, SE mengadakan rapat seluruh masyarakat, ketua Lingkungan, dan seluruh Ketua RT dalam rangka persoalan Perpanjangan Hak Guna Usaha (HGU) PT. APTP Agrindo di Kelurahan Gunung kembang dalam kesepakatan masyarakat menolak dengan tegas perpanjangan HGU tersebut.

Ketua koperasi Ardiansyah menghimbau kepada PT. APTP Agrindo sebelum memperpanjang HGU. harus ada pertemuan dengan masyarakat gunung kembang dan juga ketua koperasi, ucapanya

Pada  hari Minggu  tanggal  09 Desember tahun  2018 telah  diadakan  rapat  pembahasan  tentang  permasalahan PT. APTP Agrindo  bertempat di kantor  Koperasi Gunung Kembang Mandiri  dengan beberapa kesepakatan :

1. Menolak perpanjangan HGU. sebelum adanya  kesepakatan  bersama  dengan  masyarakat
Kelurahan Gunung Kembang.

2. Mempertanyakan  pola  flasma yang  dijanjikan  oleh PT. APTP  AGRINDO

3. Mempertanyakan Incam masyarakat  Gunung Kembang.

4. Mempertanyakan  kerjasama mitra  usaha  PT. APTP AGRINDO  dengan Koperasi Gunung Kembang  Mandiri. (Afdol)