DPMD Gelar Rakor Bersama Kades dan Lurah se Kab. Sarolangun

41

SAROLANGUN- Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sarolangun menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala Desa (Kades) Lurah dan Camat se-Kabupaten Sarolangun semester I tahun 2020, di Aula Kantor Bupati Kamis (12/3/2020), dibuka Wakil Bupati Sarolangun H Hilallatil Badri mewakili Bupati H Cek Endra.

Acara Rakor dihadiri Kajari Sarolangun Munif, SH.MH, Kapolres AKBP Deny Heryanto, Kadis DPMD Mulyadi, Asisten, Staf Ahli, Camat, Lurah dan Kades Se Kabupaten Sarolangun serta Kepala OPD dan unsur Forkompinda.

Kepala Dinas (Kadis) PMD Sarolangun Mulyadi,S.Sos menyebut, Rakor ini adalah bentuk pembinaan dari Pemerintah kepada seluruh Kades, Lurah, Camat dan Kepala OPD serta sebagai evaluasi program tahun-tahun yang sudah sehingga bisa mencari solusi permasalahan yang dihadapi Desa.

“Rakor ini adalah sebuah bentuk wujud pembinaan Pemkab (Pemerintah Kabupaten) kepada seluruh Kades, Lurah, Camat dan Kepala OPD serta sebagai evaluasi program tahun yang lalu,” kata Kadis Mulyadi.

Wakil Bupati Sarolangun H.Hilallatil Badri dalam sambutan mengatakan, Rakor ini sesuai dengan UU Nomor 6 Tahun 2014, Tentang Desa, bahwa pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota/ Kabupaten mempunyai kewajiban melakukan pembinaan terhadap Pemerintah Desa.

” Rakor ini juga sebagai bentuk pembinaan yang sangat penting dan strategis sekaligus “mereview” program-program yang sudah dijalankan dan membahas masalah dan mencari solusi terkait permasalahan yang ada,” kata Wabup.

Wabup Hilal berharap seluruh Desa segara menyelesaikan semua pekerjaan dan bisa mempertanggung jawabkan keuangan Desa.

” Ikuti dan patuhi dalam pengelolaan keuangan Desa dengan baik,” ujar Wabup.

H.Hilallatil Badri juga berharap dengan kegitan Rakor ini bisa meningkatkan wasasan Kepala Desa dalam rangka mensenergikan tugas pokok.

” Untuk itu Kades dituntut harus memiliki kemampuan dan keterampilan dan benar-benar menguasai tupoksi dan kecerdasan emosial yang baik dalam meningkatkan pelayanan publik,” tambah Wabup.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan santunan Jaminan Hari Tua dan jaminan kematian untuk alih waris perangkat Desa serta Piagam penghargaan untuk Pemerintah Kabupaten Sarolangun dari BPJS Ketenagakerjaan. (Adv)

(Abah Agus)