Dengan Dana P2D Lahan TKD Desa Batu Ampar di Tanam Jagung dan Sayuran

116

SAROLANGUN-Dana Percepatan Pembangunan Desa (P2D) Desa Batu Ampar, Kecamatan Pauh, Kabupaten Sarolangun dimanfaatkan untuk menanam tanaman pangan, sesuai intruksi Bupati Cek Endra yang termaktup dalam Peraturan Bupati Sarolangun tahun 2020.

Kepala Desa (Kades) Batu Ampar Sri Damayanti menyebut kegiatan ini akan dijadikan sebagai pilot project, memotivasi masyarakat Desa dalam memanfatkan lahan tidur dengan menanam tanaman pangan yang dapat membantu kebutuhan pangan masyarakat pada masa pandemik.

“Kegiatan ini kita maksudkan sebagai contoh (pilot project)  bagi masyarakat, khususnya Desa Batu Ampar, dengan memanfaatkan lahan kosong (lahan tidur) menjadi lahan yang menghasilkan, terutama pada masa pandemik ini,” kata Kades yang akrab disapa Yanti, Senin (7/9/2020).

Kades Yanti menyebut, Ia menggunakan lahan tidur yang merupakan Tanah Kas Desa (TKD) seluas 3,5 hektare yang telah lama tidak dimanfaatkan secara maksimal, dengan dana P2D tahun ini ditanam jagung manis dan sayuran yang hasiilnya akan dinikmati masyarakat.

“Selama ini agak kita sayangkan, tanah TKD kita tidak bermanfaat secara maksimal, dengan menanam tanaman pangan ini kita harapkan masyarakat termotivasi,” terang Kades Yanti.

“Masyarakat yang ingin mengolah lahannya kiat fasilitasi bibit dan pupuk, menggunakan dana P2D, uang masyarakat untuk produksi bahan pangan,” imbuhnya.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Sarolangun, Mulyadi mengatakan, dana P2D tahun ini difokuskan pada tanaman pangan, mengingat kesulitan ekonomi masyarakat pada masa pandemik, disesuaikan dengan inovasi desa dan kearifan lokal.

“Pemanfaatan dana P2D tahun ini difokuskan pada tanaman pangan, mengingat kesulitan ekonomi masyarakat pada masa pandemik, tergantung inovasi desa dan kearifan lokal,” ucap Kadis.

Kadis berharap dengan kebijakan pemanfaatan dana P2D tahun ini dapat membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pangan dan menambah penghasilan keluarga.

Senada dengan Kadis,  Mohammad Adhiem, Kabid UEM Dinas PMD Sarolangun menambahkan, bahwa program P2D terbukti telah dapat membantu masyarakat Kabupaten Sarolangun dalam peningkatan ekonomi keluarga.

“Kita sudah melihat bukti bahwa program P2D secara nyata telah membantu nasyarakat dalam menambah penghasilan keluarga,” ucap Kabid.#.AF.RN.