Desa Argo Sari Bangun Ekonomi Kerakyatan Tetap Andalkan P2DK

652
Nurdin Joko Prasetyo, SH- Kades Argo Sari Kecamatan Singkut

SAROLANGUN – Pilkades serentak gelombamg III dalam Kabupaten Sarolangun telah terselenggara dengan sukses dan 53 Kades terpilih dalam 11 Kecamatan se Kabupaten Sarolangun sudah dilantik.

Setelah pelantikan, para Kepala Desa (Kades) dituntut segera menyelesaikan RPJMD (Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Desa) yang merupakan perencanaan sebagai target pencapaian visi misi kades dalam pembangunan desa.

Nurdin Joko Prasetyo, SH, Kades Argo Sari hasil Pilkades Serentak  Kecamatan Singkut yang dilantik Bupati Cek Endra pada 5 Agustus tahun 2021, mengatakan saat ini sedang menyiapkan RPJMD, Kades muda nan energik ini menarget RPJMD Argo Sari rampung pada akhir bulan ini, atau paling lambat awal Oktober mendatang.

Diketahui, dari beberapa bidang pembangunan yang ada di desa, saat ini Pemerintah sedang menggalakkan bidang pemberdayaan ekonomi.

Terkait hal ini, Kades Joko menyebut untuk perencanaan program pemberdayaan ekonomi masyarakat selama 6 tahun ke depan masih melanjutkan program kades sebelumnya, yaitu tetap
mengandalkan program Percepatan Pembangunan Desa dan Kelurahan (P2DK), program unggulan Bupati Cek Endra, sejak 7 tahun lalu.

“Kita tetap mengandalkan P2DK sebagai sasaran utama untuk memperbaiki atau meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa,” kata Kades.

Kades menyebut selama ini di Desa Argo Sari dana bantuan P2DK sudah difokuskan pada pemeliharaan sapi, yang dikelola dengan sangat rapi dan teratur oleh Bumdes.

“Alhamdulillah di Desa Argo Sari selama ini sudah menikmati kucuran dana P2DK, masyarakat sudah terbina dengan baik, dana P2DK tahun lalu kita fokuskan pada pemeliharaan sapi, penggemukan dan gaduhan indukan betina, semuanya sudah dikelola dengan sangat rapi dan teratur oleh Bumdes Argosari Sumber Makmur,” terang Kades, Rabu 1 September 2021.

Kades Joko mengakui dana P2DK sangat membantu warga, terutama warga pra sejahtera yang memang membutuhkan bantuan pemerintah, Ia berharap bantuan dari APBD Sarolangun ini tetap dianggarkan karena dana ini bermanfaat langsung dan terbukti sangat membantu masyarakat.

“Kami yakin, dengan dana P2DK masyarakat sangat terbantu, ekonomi masyarakat akan lebih baik dan sejahtera,” pungkas Kades Nurdin Joko Prasetyo. (AF)