Dandim 0420/SARKO:Mari Kita Cegah kebakaran Hutan dan Lahan jangan Sampai Terjadi

221

SAROLANGUN-Dandim 0420/SARKO letkol inf Tomi Radya Diansyah Lubis,S.A.P,.M.Han, menghimbau, mari kita Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan jangan Sapai Terjadi. Sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Sarolangun,

Pemerintah Daerah Kabupaten  melaksanakan rapat koordinasi Penangulangan Bencana Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Senin 8 Maret 2021 / Ithnayn 24 Rajab 1442.

Rapat Koordinasi yang dibuka oleh Wakil Bupati Sarolangun, Hilallatil Badri dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sarolangun, Dandim 0420/SARKO, Polres Saroangun, BPBD, Manggala Agni, BMKG, Unsur TNI dan Polri, para Asisten serta Dinas dan Instansi terkait dan pihak Perusahaan.

Kegatan Rapat Koordinasi kebakaran hutan dan Lahan dilaksanakan di Ruang Pola kantor Bupati Sarolangun, komplek Perkantoran Gunung Kembang Sarolangun.

“Dandim 0420/SARKO letkol inf Tomi Radya Diansyah Lubis,S.A.P,.M.Han Saat Dikonfermasi oleh media RN menegaskan,” bahwa rakor tersebut dilaksanakan sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan Karhutla di Kabupaten Sarolangun untuk tahun 2021 yang merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden, Gubernur Jambi Danrem dan Kapolda.

“Sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan Karhutla di daerah kita, maka hari ini kita melaksanakan rapat koordinasi untuk menyusun strategi dan rencana upaya bersama dalam menghadapi ancaman bencana Karhutla. Nantinya kita juga akan membentuk Komando Satgas Karhutla dan akan melakukan patroli bersama,”ujarnya.

Dandim juga mengimbau agar pelaku usaha pertanian dan perkebunan untuk mempersiapkan sarana dan prasana untuk penangulangan Karhutla. Dandim berharap agar semua pihak siap siaga dalam penanganan karhutla, ucapnya.

“Para Camat dan Kepala Desa harus berkoordinasi dengan Kapolsek dan Koramil dalam penanganan karhutla. Tim satgas baik kabupaten dan kecamatan untuk terus berkordinasi dengan semua pihak terkait. Kita harus berjaga-jaga untuk sama-sama menjaga supaya tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan. Para Camat diharapkan dapat mengingatkan dan mengedukasi masyarakat, serta mengajak untuk bersama-sama menjaga wilayahnya dari kebakaran hutan dan lahan Termasuk Koramil Setempat”,katanya

Dandm mengingatkan agar Instansi dan Dinas terkait untuk mengecek kesiapan alat serta sarana dan prasarana penunjang dalam penanggulangan Karhutla. “Saya minta dipastikan dan di cek kembali fungsi alat serta sarana dan prasarana penanggulangan karhutla dapat berfungsi dengan baik”, ujurnya

Jadi saya  mengingatkan kembali apabila ada tanda-tanda kebakaran dan asap harus segera dikejar, dan jemput bola. “Sarana kita terbatas, oleh karena itu yang punya kebun, punya wilayah harus cepat tanggap. Demikian juga perusahaan-perusahaan harus aktif menjaga areal perusahaannya”, ujarnya.Dandim.

“Ya. seperti yang disampai Wakil Bupati Sarolangun H. Hilallatil Badri secara pola normal curah hujan di kabupaten Sarolangun  pada Bulan Maret mengalami sedikit kenaikan sedikit di bandingkan pola normal curah hujan Bulan Februari. Menurut nya diprediksi curah hujan selama 6 Bulan di kabupaten Sarolangun dalam kategori normal hingga dibawah normal kecuali pada Bulan Agustus sipat hujannya normal hingga diatas normal.#.AF.RN.