Cek Endra : Kades Jangan Jadi Bos Mengelola Dana Desa

54

NETIZENEWS.CO.ID/SAROLANGUN-Kejaksaan Negeri Sarolangun menggelar Sosialisasi Dana Desa (DD) dan Tim Pengawal, Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D), dihadiri Bupati Kab. Sarolangun H. Cek Endra, Ketua (TP4D) Ihwan Nul Hakim, SH, Sekda H. Thabroni Rozali, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) M. Zaidan, OPD, para Camat, dan para Kades Sekabupaten Sarolangun, kamis (24/8/2017) diruang Pola Bupati.

Dalam sambutan Cek Endra menekankan, bahwa setiap Kepala Desa harus menguasai detil administrasi, petunjuk teknis dan menguasai laporan keuangan jangan semua pekerjaan dilimpahkan dan dikerjakan oleh Sekretaris Desa (Sekdes) jangan hanya tinggal terima bersih jadi Bos, jikalau Kades tidak memahami pengelolaan DD dengan betul dikwatirkan nantinya timbul persoalan hukum dikemudian hari, selaku kepala daerah tidak ingin Kades saya ada persoalan dengan hukum, dan program prioritaskan azas manfaat dan juga azas orang miskin.

Lanjutnya, maka yang pertama2 dilakukan yakni luruskan niat baik untuk membangun Desa sesuai dengan domain yang ada, andai adanya keraguan atau kurang memahami agar dapat berkoordinasi dangan Camat setempat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan (TP4D), kemudian apabila ada temuan kesalahan tidak sesuai dengan petunjuk teknis yang dilakukan jangan mencari sibuk untuk pembenaran, kegiatan hari ini dilaksanakan merupakan ujud kasih sayang pemerintah terhadap para Kades, katanya.

Menurut Ketua TP4D Ihwan Nul Hakim, tim TP4D dibentuk pemerintah Pusat agar program DD lancar sesuai dengan aturan dan sebelumnya diadakan pencegahan dini melalui sosialisasi serentak digelar seluruh Indonesia agar tidak ada persoalan hukum timbul dikemudian hari para Kedes yang terlibat pegelolaan Dana Desa, ujarnya.

(Sopyan Abusro)