Cek Endra Beri Bantuan 5 Hektar Lahan Pada Ponpes, Ormas dan OKP

104

SAROLANGUN-Komitmen pada saat Bupati Sarolangun Drs. H. Cek Endra dalam memajukan dan mensejahterakan Pondok Pesantren (Ponpes) bukan sekedar pencanangan belaka, begitu pun perhatiannya pada Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Kabupaten Sarolangun.

Kepedulian dan komitmen ketika Bupati Cek Endra ini telah digagas tahun 2019 lalu, dan sudah menjadi program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarolangun tahun 2020, progran ini telah diaktualisasikan dengan pemberian bantuan 5 Hektar lahan perkebunan kepada 32 Ponpes, 15 OKP dan Ormas se Kabupaten Sarolangun.

“Bantuan lahan 5 hektar kepada Ponpes, OKP dan Ormas dimaksudkan agar mereka memiliki lahan usaha sebagai sumber penghasilan untuk keberlangsungannya,’ ujar Bupati Cek Endra.

Penerima bantuan Bupati Cek Endra ini patut berbesar hati atas perhatian dan kepedulian putra asli Mandiangin Sarolangun itu, karena dapat memiliki lahan perkebunan sebagai sumber penghasilan.

Lahan tersebut merupakan lahan Hutan Tanaman Rakyat (HTR) yang dikuasai Pemkab Sarolangun, berlokasi di Kecamatan Pauh, Kabupaten Sarolangun, dalam pengelelolaan lahan, penerima bantuan lahan bermitra dengan pihak perusahaan dan pebankan, pihak Ponpes, OKP dan Ormas tinggal menerima hasil.

Ketika itu Pemimpin Sarolangun tiga periode ini menyebut hal ini sebuah sinergitas Pemerintah dengan masyarakat, Ia yakin bantuan lahan tersebut dapat membantu kesejahteraan Pondok-Pondok Pesantren, OKP dan Ormas yang ada di Kabupaten Sarolangun.

“Mudah-mudahan sinergitas antara Pemerintah dan Masyarakat ini dapat memberi manfaat bagi kemajuan dan kesinambungan Ponpes, OKP dan Ormas,” harapnya.

Terkhusus bagi Ponpes, upaya Cek Endra bagi kemajuan dan kesinambungan Ponpes, seiring dengan program pembangunan bidang keagamaan Pemkab Sarolangun, setiap Ponpes dibantu dengan anggaran APBD Rp. 10 Juta per tahun untuk dana operasional.

“Alhamdulillah kita juga sudah menganggarkan bantuan operasional ponpes Rp. 10 Juta untuk setiap Ponpes untuk membantu dana operasionalnya,” ucap Cek Endra.

Dana operasional tersebut akan diperuntukkan untuk membantu honor para pengasuh dan guru di Ponpes. Sehingga bisa menambah kesejahteraan para pengasuh Ponpes.

Kedepannya diharapkan para santri yang ada di Ponpes mendapatkan pendidikan yang lebih baik tanpa terkendala biaya.

“Dengan bantuan ini kita dapat memajukan Ponpes, para santri dapat belajar dengan baik dan anak-anak si sekitar Ponpes bisa mondok dalam menuntut ilmu dan meningkatkan pengahuan Agama,” urai Cek Endra.

Ketua Umum DPC Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Sarolangun Drs. M. Syatar mengatakan upaya ketika Bupati Sarolangun memberikan bantuan lahan kepada Ponpes, Ornas dan OKP di Kabupaten Sarolangun adalah sebuah bukti nyata kepedulian Cek Endra dalam bidang keagamaan dan sosial kemasyarakatan.

“Pemberian lahan kepada Ponpes, Ornas dan OKP di Kabupaten Sarolangun adalah sebuah bukti nyata kepedulian ketika Bupati Cek Endra dalam bidang keagamaan dan sosial kemasyarakatan, merupakan suatu langkah maju, dan menurut hemat saya hal ini belum dilakukan Pemerintah kabupaten/Kota di Provinsi Jambi, maupun Pemerintah Provinsi Jambi,” ungkap M. Syatar, Selasa (10/11/2020).

Diketahui, Bupati Sarolangun telah menyerahkan lahan secara simbolis pada Desember 2019 dan sudah turun ke lokasi serta sudah dilakukan sket dan pembagian lahan.

“Pak Bupati Bukan hanya menggaungkan program, ini sudah berjalan dan Pak Bupati bersama Ormas, pengurus Ponpes dan OKP sudah turun ke lokasi dan sudah dilakukan pembagian lahan,” terang Kepala Kemenag Sarolangun, ini.

Sebagai Ketua Umum NU Kabupaten Sarolangun M. Syatar mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Bupati Sarolangun yang sangat peduli terhadap kemajuan Ponpes, Ormas dan OKP di Kabupaten Sarolangun.

“Sebagai Ketua NU Kabupaten Sarolangun, mewakili masyarakat Nahdliyin Saya sangat berterimakasih kepada Bupati Cek Endra yang sangat peduli kepada kemajuan Ormas, Ponpes dan juga OKP yang ada di Kabupaten Sarolangun,” tutup M. Syatar.

(Abah Agus)