Wabup Hilallatil Badri : Buruk Pelayanan Dukcapil Akan di Evaluasi Setelah Lebaran

47

NETIZENEWS.CO.ID/SAROLANGUN -Buruknya pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Sarolangun, ditanggapi Wakil Bupati Hillalatil Badri dengan berencana akan melakukan evaluasi terhadap pejabat Dukcapil setelah lebaran idul fitri.

Kekecewaan Wabup Hillal dipicu karena banyaknya pengaduan masyarakat yang kabarnya dipersulit dalam mengurus administrasi kependudukan di Dinas Dukcapil.

“Kita akan melakukan evaluasi setelah Hari Raya Idul Fitri nanti, bagi siapa saja di Dinas Dukcapil yang tidak mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” kata Wabup Hillal, Kamis (07/06/2018)

Ia menegaskan, kepemilikan identitas kependudukan sudah menjadi kebutuhan dasar setiap warga Negara. Mulai dari e-KTP, Kartu Keluraga maupun Akta Kelahiran. Jadi, tidak ada alasan Dukcapil menghambat kebutuhan warga tersebut.

Sebelumnya, Wabup Hillal sudah meminta kepada Dukcapil agar menghilangkan pola lama dan benahi pelayanan public. Bahkan, menindaklanjuti keluhan masyarakat, Ia melakukan Sidak dan mewarning semua pelayanan kependudukan agar dimaksimalkan dan tak mempersulit masyarakat.

Sebelumnya juga, Kabid Pelayanan Data Kependudukan Dinas Dukcapil Sarolangun inisial (AN) terkesan lepas dari tanggung jawab dan tidak professional dalam menjalankan tugasnya.

Bahkan saat dimintai keterangan terkait keluhan masyarakat, AN enggan menjawab dan meminta awak media menanyakan langsung ke Kadis Dukcapil.

“Saya tidak mau menjawab, silahkan temukan saja Kepala Dinas Dukcapil Helmi, atau cari saja berita lain seperti di Dinas Perikanan, kenapa disini?,” kata AN saat itu.

( SR )