Bupati Merangin Resmi Sanggar Seni Turonggo Gangsar Mugi Rahayu

95

MERANGIN-Bupati Merangin Dr H Al Haris bersama Wabup H Mashuri, meresmikan lahirnya Sanggar Seni ‘Turonggo Gangsar Mugi Rahayu’, di Desa Pauh Menang, Kecamatan Pamenang, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, Kamis malam (20/8/2020).

Peresmian Sanggar Kuda Lumping dan Campursari tersebut, ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati dan disuapkan langsung ke pimpinan dan pemilik sanggar,  Saryoto.

Dikatakan Bupati, lahirnya Sanggar Seni ‘Turonggo Gangsar Mugi Rahayu’, pada peringatan kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia dan bertepatan dengan Tahun baru Hijriah, menambah banyak keberasaan sanggar seni di Merangin.

‘’Melestarikan seni budya dengan bertambahnya sanggar seni ini, akan mampu mempertahankan jati diri kita, atas keragaman budaya yang kita miliki,’’ujar Bupati pada acara yang dihadiri ratusan warga Merangin asal Jawa tersebut.

Bupati berterimakasih kepada Saryono yang telah mendirikan sanggar seni tersebut dengan peralatan Gamelan yang lengkap. Melalui berkesenian, orang bisa berdakwah lewat gerak dan tembang-tembang yang dilantunkan.

‘’Dulu para Wali kita menyampaikan dakwahnya kepada masyarakat lewat seni dan budaya. Begitu juga sekarang, kita bisa menyampaikan dakwah lewat lantunan tembang yang diiringi Gamelan, Wayang dan gerak tari Kuda Lumping,’’terang Bupati.

Jika anak-anak bosan belajar dengan membaca buku lanjut Bupati, dengan mendengarkan syair-syair tembang yang dilantunkan dengan apik, bisa menjadi pelajaran bagi anak-anak.

‘’Semoga apa yang telah dilakukan Bapak Saryoto dan warga Desa Pauh Menang ini, bisa menjadi ladang ibadah. Seni budaya yang terus dilestarikan secara turun temurun ini, akan semakin membentuk karakter putra dan putri kita,’’terang Bupati.(***)