Bupati Cek Endra Sukses Melantik 53 Kades dan Sosialisasi Pencegahan Covid-19 di 11 Kecamatan

363

SAROLANGUN – Bupati Sarolangun Drs. H. Cek Endra sukses melantik 53 Kepala Desa dan mensosialisasikan pencegahan Covid-19 di 11 Kecamatan dalam Kabupaten Sarolangun, pekerjaan mulia ini mulai dihelat Bupati Cek Endra pada 28 Juli 2021 hingga hari ini melantik dan mengambil sumpah jabatan 3 Kepala Desa (Kades) dalam Kecamatan Cermin Nan Gedang (CNG), hasil Pilkades serentak 15 Juli 2021, bertempat di Halaman kantor camat CNG, Senin 30 Agustus 2021.

Pelantikan 3 Kades dalam Kecamatan CNG berdasarkan Keputusan Bupati Sarolangun nomor 227/DPMD/ 2021, tanggal 4 Agustus 2021, ditandatangani Bupati Sarolangun Drs. H. Cek Endra.

Para Kades yang dilantik dan diambil sumpah dalam Kecamatan CNG adalah (1) Hermansyah Kades Sungai Keramat, (2) Mad Kudri Kades Lubuk Resam Hilir, dan (3) M. Helmi Kades Tambang Tinggi.

Selanjutnya pada momen yang sama juga dilakukan pelantikan Ketua TP PKK Desa Sungai Keramat, Desa Lubuk Resam Hilir dan Desa Tambang Tinggi oleh Ny. Lily Suryani Hillall Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Sarolangun ditandatangani Ny. Eni Jauhari Ketua TP PKK Kecamatan Cermin Nan Gedang.

Pelantikan dihadiri Wabup Hillalatil Badri, Hafis Hasbiallah, SE, anggota DPRD Provinsi Jambi, Azakil Azmi dan Ir. Herman anggota DPRD Sarolangun, Asisten I Arif Ampera, Asisten IIl Azrian .ME, Kadis PMD Mulyadi, S. Sos, Kasat Pol PP Riduan, perwakilan para Kepala OPD, Jauhari Camat Cermin Nan Gedang, Sargawi Direktur Perumda TSB dan kepala KUA Kecamatan CNG. Turut hadir pengurus dan anggota TP PKK Kabupaten Sarolangun dan segenap pengurus serta TP PKK Kecamatan CNG.

Seperti pada pelantikan 50 Kades di 10 Kecamatan  yang sudah dilakukan pada masa pandemi Covid 19 ini, Bupati Cek Endra menegaskan para kades harus tancap gas, dan bekerja untuk kemajuan masyarakat, khususnya aktif bersosialisasi dalam pencegahan covid 19 serta untuk pemulihan ekonomi masyarakat.

Bupati Cek Endra dalam pidatonya mengatakan, Pilkades serentak dalam Kabupaten Sarolangun tahun ini sukses digelar hingga pelantikan 53 Kades terpilih. Dalam suasana pasca Pilkades dengan bermacam persoalan, Kades diminta dapat menormalisasi hal-hal terkait politik suksesi Pilkades.

Kades dituntut mampu berperan di masyarakat sebagai orang tua dan pemimpin masyarakat desa dengan fungsinya sebagai kepala pemerintahan desa, tokoh adat dan tokoh agama.

“Kita adalah orang tua di desa, politik Pilkades harus dinormalisasi, hingga perlakuan kepada masyarakat pun harus sama dan bantuan pemerintah harus diberikan kepada semua masyarakat yang berhak menerima, seperti BLT, DD dan P2DK,” kata Bupati.

Bupati mengingatkan kepada seluruh Kades agar mempertanggung jawabkan dana-dana yang digelontorkan pemerintah pusat maupun kabupaten yang digunakan untuk masyarakat desa.

“Seluruh Kades harus mempertanggung jawabkan dana dana yang bersumber dari pemerintah pusat dan daerah, kita sebagai kades dituntut sebagai administratur desa yang handal,” terang Bupati.

Terkait pencegahan covid 19, para kades diharapkan terus mensosialisasikannya kepada masyarakat, mengajak masyarakat mematuhi prokes dan mau divaksin.

Bukan itu saja, pada masa pandemi atau pun pasca pandemi covid, kades juga diharapkan dapat membina masyarakat dalam upaya memulihkan ekonomi.

“Membina masyarakat dalam memulihkan ekonomi, tidak cukup dengan infrastruktur jalan bagus saja, tapi butuh pemahaman untuk berubah ke arah usaha komoditi produktif yang kini sedang tinggi harganya, “urai Bupati.

Lanjut Bupati, pelaksanan vaksinasi di Kabupaten Sarolangun semakin baik dan efektif, hingga kini setiap desa-kelurahan di 11 kecamatan dilakukan secara intensif dan pro aktif.

“Saya tadi meninjau vaksin masal di laman basamo Sarolangun, alhamdulillah pesertanya membeludak, ini tanda masyarakat sudah memahami pentingnya vaksin, tidak ada cara lain yang efektif mencegah covid kecuali meningkatkan daya tahan tubuh, ikut vaksin,” terang Bupati.

Pada pelantikan kades hasil Pilkades serentak gelombang III tahun 2021 di kecamatan yang terakhir ini, Bupati menyebut pelaksanaan Pilkades serentak tahun ini berjalan sukses, aman dan lancar hingga dilantiknya 53 Kades terpilih di 11 Kecamatan.

Begitu pun sosialisasi pencegahan Covid-19, sebagai upaya terhindar dari virus mematikan itu. Selama rentang waktu satu bulan lebih, Bupati Cek Endra telah sukses mensosialisasikan pencegahan Covid di 11 kecamatan dalam Kabupaten Sarolangun, upaya ini membuahkan hasil hingga tren Covid di Kabupaten Sarolangun sudah lebih baik dari sebelumnya.(AF)