Bupati Cek Endra Lantik 8 Kades Kecamatan Singkut Hasil Pilkades Serentak 2021

373

SAROLANGUN – Bupati Sarolangun Drs. H. Cek Endra melantik secara resmi dan mengambil sumpah jabatan 8 (delapan) Kepala Desa (Kades) terpilih di Kecamatan Singkut, hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sarolangun yang diselenggarakan pada tanggal 15 Juli 2021, sekaligus pelantikan Tim penggerak PKK Desa se Kecamatan Singkut, pelantikan dilaksanakan di kantor Camat Singkut, Kamis 5 Agustus 2021.

Pelantikan 8 Kades terpilih dihadiri Wabup Hillalatil Badri, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE,
Sekda Ir. Endang Abdul Naser, Asisten Pemerintahan Arief Ampera, Kapolres Sarolangun, Ketua TP-PKK Hj. Rosita Endra, Kadis PMD Mulyadi, Camat Singkut RA. Fatimah, unsur Forkompimda dan pejabat lainnya dari OPD terkait serta tokoh masyarakat, tokoh agama tokoh adat dan tokoh pemuda se kecamatan singkut.

Pelantikan 8 Kades terpilih di Kecamatan Singkut berdasarkan Keputusan Bupati Sarolangun nomor 221/DPMD/ 2021, tanggal 27 Juli 2021, ditandatangani Bupati Sarolangun Drs. H. Cek Endra.

Dari data yang dihimpun media ini, para Kades yang dilantik yang akan memimpin pemerintahan desa selama satu periode, 6 tahun ke depan.

Para Kades yang dilantik adalah (1)Hendra,Kades Bukit Tigo, (2)Muhajir, HS, Kades Perdamaian, (3)Ujang Farel Kades Siliwangi, (4)
Kusnadi, Kades Simpang Nibung, (5)Budi Setiawan Kades Bukit Talang Mas, (6)Purnawan, S. Pdi Kades Bukit Bumi Raya, (7)Nurdin Joko Prasetyo, SH, Kades Argo Sari, dan (8)Sujalmo Kades Sendang Sari.

“Selamat kepada delapan kades yang dilantik dan terimakasih kepada plt Kades yang telah mengabdi. Semoga singkut lebih maju ke depannya, ” ucap Bupati Cek Endra.

Dalam arahannya kepada kades yang dilantik, Bupati menekankan dalam jangka pendek harus melakukan konsolidasi, Kades harus kompak kembali dan menghilangkan persoalan politik selama proses Pilkades.

Selanjutnya Bupati mengingatkan tentang bantuan pemerintah kepada masyarakat, seperti BLT untuk masyarakat miskin adalah untuk semua, semua harus diperlakukan secara adil.

“Begitu pun ADD dan P2DK , ini adalah uang rakyat, harus digunakan dengan baik, sesuai peruntukannya. Begitupun laporan keuangan, harus dipertanggung jawabkan dan disampaikan tepat waktu,” terang Bupati.

Bupati mengingatkan, selain sebagai kepala pemerintahan, Kades juga tokoh agama dan tokoh adat. Kades harus mencontohkan, harus aktif melakukan program keagamaan seperti gerakan shalat berjamah dan subuh keliling (Subling).

“Jadi lah contoh dan panutan bagi masyarakat,” harap Bupati.

Berikutnya, Bupati mengharapkan bagaimana Kades memvaksinasi warga, mengimbau warga agar mematuhi protokol kesehatan (prokes).

“Kita imbau masyarakat, mari kita patuhi prokes. Saya harap para kades di kecamatann Singkut mendukung vaksinasi bagi seluruh masyarakat,” kata Bupati.

“Saya juga mohon bantuan kiyai dan para guru untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang vaksin, agar masyarakat menyadari pentingnya vaksin,” ujarnya.

Dalam masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Bupati meminta warga menhindari kerumunan, menunda hajatan pesta perkawinan dan mematuhi aturan bagaimana menjalankan kegiatan dalam kondisi darurat saat ini.

Pada penghujung prosesi pelantikan Kades, Bupati melakukan penyerahan bantuan beras PPKM dari pemerintah dan masker kepada masyarakat secara simbolis.

Usai pelantikan para kades, Bupati menggelar rapat koordinasi dengan semua kepala desa tentang penanganan dan pencegahan Covid 19.(*)

(*)Tim Liputan :
Aguswanto dan Achmad Fuady