Bupati Cek Endra Lantik 13 Kades Hasil Pilkades Serentak 2021

351

SAROLANGUN – Bupati Sarolangun Drs. H. Cek Endra melantik dan mengambil sumpah jabatan 13 Kepala Desa (Kades) terpilih di Kecamatan Mandiangin dan Kecamatan Mandiangin Timur, hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sarolangun yang diselenggarakan pada tanggal 15 Juli 2021, pelantikan dilaksanakan di kantor Camat Mandiangin, Rabu 28 Juli 2021.

Pelantikan dihadiri Sekda Ir. Endang Abdul Naser yang turut melantik Kades,  Asisten Pemerintahan Arief Ampera, Asisten II, Kapolres Sarolangun, Ketua TP-PKK Rosita Endra, Kadis PMD Mulyadi,  Camat Mandiangin Pajardin, Forkompimda dan pejabat lainnya dari OPD terkait.

Pelantikan 13 Kades terpilih berdasarkan Keputusan Bupati Sarolangun nomor 221/DPMD/ 2021, tanggal 27 Juli 2021.

Dari data yang dihimpun media ini, para Kades yang dilantik untuk Kecamatan Mandiangin adalah 7 (tujuh) Kades yang akan memimpin pemerintahan desa selama satu periode, 6 tahun ke depan.

Para Kades tersebut adalah (1)Herianto, Kades Mandiangin, (2)Ida Ziana, Kades Bukit Peranginan, (3)Cek Macik, Kades Talang Serdang, (4)Kusriadi, S. Pd, M. Pd,  Kades Mandiangin Pasar, (5)Ansori, Kades Kute Jaye, (6)Roni Paslah, Kades Sungai Rotan dan (7)A. Sholahudin Kades Gurun Baru.

Selanjutnya Kades di Kecamatan Mandiangin Timur adalah (1)Slamet Raharjo, Kades Butang Baru, (2)Teguh Dwi Arianto, Kades Suka Maju, (3)Suwardi, Kades Petiduran Baru, (4)Ikhsan Efendi, Kades Jati Baru Mudo, (5)Hozim Maksum, Kades Meranti Jaya dan (6)Windra, Kades Jernang Baru.

Selain pelantikan 13 Kades di dua Kecamatan tersebut,  Bupati Drs. H. Cek Endra juga melantik dan mengambil sumpah jabatan Camat Kecamatan Mandiangin Timur, Drs. Jarir, yang sebelumnya pernah menjadi Camat Kecamatan Mandiangin.

Kecamatan Mandiangin Timur merupakan kecamatan yang baru dimekarkan di Kabupaten Sarolangun, sehingga Kabupaten Sarolangun menjadi 11 (sebelas) Kecamatan dan kecamatan urutan ke 145 se Provinsi Jambi.

“Hari ini kita melantik 13 Kades, hasil Pilkades serentak tahun ini di 53 desa se Kabupaten Sarolangun, Kades lain dalam waktu dekat segera kita lantik, Ini pelantikan Kades tercepat se Provinsi Jambi,” kata Bupati.

Teruntuk Camat Kecamatan Mandiangin Timur Drs. Jarir, Bupati sempat memotivasi salah satu Camat senior itu untuk mampu berkarya menjadikan masyarakat Kecamatan Mandiangin Timur maju dan sejahtera.

“Saya yakin Pak Jarir, mampu. Sedangkan dulu di Kecamatan yang desanya berjumlah 24 desa, Ia mampu membangun masyarakatnya, harapan kita Camat Jarir mampu menciptakan peningkatan percepatan kesejahteraan masyarakat Mandiangin Timur,” kata Bupati.

Dalam pidatonya,  Bupati Cek Endra memaparkan tugas penting seorang Kades sebagai kepala pemerintahan di desa, tokoh agama dan tokoh adat yang harus mampu menjadi contoh teladan bagi masyarakatnya.

“Kades sebagai kepala pemerintahan,  mulai hari ini Kades yang dilantik harus melupakan masalah politik,  semua warga desa sama. Saya minta desa harus klir semua termasuk transfaransi laporan keuangan, DD,ADD maupun P2DK dan dana -dana lain yang digelontorkan pemerintah di desa,” urai Bupati.

Lanjut Bupati,  sebagai kepala pemerintahan harus adil,  mengurus pemerintahan desa dan mengurus semua warga. Termasuk bagaimana masyarakat disiplin,  terutama masalah Covid. Kades harus melakukan perintah dari Pemerintah tertinggi, dari Perintah Presiden hingga Camat.

Selain sebagai kepala pemerintahan, Kades adalah tokoh Adat, menurut Bupati hal ini sudah mulai dilupakan.

“Kades adalah tokoh adat, tapi sekarang sudah mulai dilupakan, jabgan begitu, hari ini Kades baru mulai menjadi ketua lambaga adat di desanya. Hari ini Kades,disamping kita kepala desa juga sebagai orang adat,  selesaikan masalah masyarakat dengan cara adat,” imbuh Bupati.

Selanjutnya, Kades adalah tokoh agama, menjadi contoh bagi masyarakat, Kades harus mengikuti bagaimana gerakan Subling program Kabupaten, bagaimana anak harus mengaji,  jangan biarkan masjid kosong, sebagai tokoh agama, Kades harus taat beragama,” ucap Bupati memaparkan.

Bupati meminta para Kades mensosialisasikan ke masyarakat bagaimana melawan covid dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes) di masa Covid.

“Saya mohon dukungan  para Kades dalam mensosialisasikan agar masyarakat mematuhi  protokol kesehatan, terutama memakai masker. Keramaian, kalau bisa ditunda dulu,” imbau Bupati.

Bupati menekankan para Kades lebih baik mensosialisasikan bagaimana mematuhi prokes, melawan Covid dengan menggunakan Dana Desa (DD).

“Gunakan dana 6 persen dari Dana Desa itu untuk beli masker, bagikan ke masyarakat, karena sebesar apa pun rumah sakit tak akan cukup menampung pasien covid,” ujar Bupati seraya menekankan Kades bekerja harus mempunyai target.

Selanjutnya, Bupati Cek Endra menyinggung masalah kebakaran hutan, Ia mengajak masyarakat agar waspada.

“Selanjutnya kita harus waspada kebakaran hutan,  membuka kebun jangan dengan cara membakar lahan,” pinta Bupati.

Bupati mengajak masyarakat agar selalu sehat, karena bila masyarakat sehat, perekonomian masyarakat akan membaik.

“Saya minta peran serta masyarakat, bersama sama membasmi corona. Saya juga minta kepada ibu-ibu PKK bagaimana melawan dan memerangi corona.

“Selamat bertugas adik-adik saya,  semoga Allah subhanahu wataala meeidhoi niat baik kita. Mari kita bangun Kabupaten Sarolangun dengan kapasitas Kita masing masing,” pungkas Bupati Cek Endra.

Acara pelantikan berjalan lancar dan kondusif, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan masker dan beras PPKM kepada masyarakat. Usai shalat dan makan siang, Bupati Cek endra dan para pejabat Pemkab Sarolangun dan para Kades yang baru dilantik, dihadiri Kapolres Sarolangun menggelar rapat penanganan dan pencegahan Covid-19 di aula kantor Camat Mandiangin.(*)

Ini beberapa foto-fotonya :