Bupati Cek Endra Lantik 11 Kades Kecamatan Bathin VIII Hasil Pilkades Serentak 2021

332

SAROLANGUN – Bupati Sarolangun Drs. H. Cek Endra melantik secara resmi dan mengambil sumpah jabatan 11 (Sebelas) Kades terpilih di Kecamatan Bathin VIII, hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang III dalam Kabupaten Sarolangun yang diselenggarakan pada tanggal 15 Juli 2021, sekaligus pelantikan Tim penggerak PKK Desa, bertempat di kantor Camat Bathin VIII , Kamis, 19 Agustus 2021.

Pelantikan Kades terpilih 11 Desa Kecamatan Bathin VIII terdiri dari
(1)Mustapa – Kades Pulau Lintang, (2)Irwan Akili – Kades Tanjung, (3)Abu Nawas – Kades Teluk Kecimbung, (4) Hasan Basri – Kades Pulau Melako, dan (5)Ahmad, SH – Kades Tanjung Gagak.

Berikutnya (6)Hanafi.S – Kades Pulau Buayo, (7)Andik Ariyanto, SPd. I, –  Kades Suka Jadi, (8)Atrizal – Kades Teluk Mancur, (9)Ahmad Subli – Kades Muara Lati, (10)Zulman –  Kades Rantau Gedang, dan (11) Saidina Ali. F, AMa, Kades Batu Penyabung.

Pelantikan 11 Kades berdasarkan berdasarkan Keputusan Bupati Sarolangun nomor 227/DPMD/ 2021, tanggal 4 Agustus 2021, ditandatangani Bupati Sarolangun Drs. H. Cek Endra.

Hadir dalam acara pelantikan 11 Kades dalam Kecamatan Bathin VIII, Wakil Bupati H Hillalatil Badri, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE, Anggota DPRD dari Fraksi Golkar Zulkifli Sudin, anggota DPRD Fraksi PAN Ade Saputra,SE, Kadis PMD Mulyadi,S.Sos. dan Camat Bathin VIII Akhyar Mubarok beserta undangan lainnya.

Turut hadir Hj. Rosita Endra Ketua TP PKK Kabupaten Sarolangun, Wakil Ketua I Lily Suryani Hillal dan segenap pengurus, perwakilan OPD, unsur Tripika dan undangan lainnya.

Usai pelantikan TP PKK Desa, Ketua TP PKK Kabupaten Sarolangun Hj Rosita Endra mengucapkan selamat kepada TP PKK Desa yang baru saja dilantik.

“Kami berharap ibu -ibu yang baru dilantik dapat beerperan aktif dalam pembamgunan melalui program PKK,” harapnya.

Dalam pidatonya, Bupati Cek Endra menyebut pada Pilkades serentak tahun ini Kecamatan Bathin VIII menjadi istimewa yang terbanyak menyelenggarakan Pilkades.

“Kecamatan Bathin VIII tahun ini istimewa, diantara kecamatan yang menyelenggarakan Pilkades Serentak tahun 2021 dalam Kabupaten Sarolangun, Kecamatan Bathin VIII adalah paling banyak, 11 desa,” ucap Bupati, yang mana dari 14 desa hanya 3 desa yang tidak menyelenggarakan Pilkades tahun ini. yakni Desa Penarun, Desa Dusun Dalam dan Desa Mangun Jayo.

“Terimakasih kami ucapkan kepada 11 Plt Kades yang sudah mengabdi memimpin masyarakat dan Selamat kepada 11 Kades yang baru dilantik, semoga dapat mengemban amanah masyarakat dalam memimpin dan membangun desa, ” kata Bupati.

Sebagaimana pada pelantikan Kades hasil Pilkades di Kecamatan lainnya dalam kabupaten Sarolangun, Bupati tak bosan bosannya mengjimbau dan mengajak masyarakat dalam mengikuti program pemerintah memerangi Covid 19.

Bukan hanya itu, Bupati juga mengajak masyarakat melakukan upaya upaya preventif terhadap kebakaran hutan dan lahan.

Dalam kesempatan ini, Bupati menekankan fungsi Kades dalam memimpin masyarakat yakni sebagai kepala pemerintahan desa, sebagai tokoh adat.

“Tolong hidupkan kembali adat istiadat lama kita,” kata Bupati.

Fungsi ketiga yang harus dilakukan Kades adalah sebagai imam dan tokoh agama yang mampu menunjukkan contoh yang baik kepada masyarakat.

“Selesaikan semua adminisrasi desa, bantu pemerintah bagaimana kita melawan covid, agar masyarakat kita berdisiplin menggunakan masker, saya minta para kades dan ibu pkk agar selalu menjaga prokes,” ucapnya.

“Tolong inventarisir masyarakat yang akan divaksin. Lapor ke pak Camat dan terus dilanjutkan ke pemerintah kabupaten, Vaksin wajib bagi kita semua sebagai kepala pemerintahan,” urai Bupati.

Pada momen akhir pidatonya, Bupati Cek Endra mendoakan selama memimpin desa, para Kades dapat membangun desa menjadi lebih baik.

“Selamat bertugas adik-adik saya, dalam masa tugas selama 6 tahun, saya doakan akan dapat membangun desa menjadi lebih baik,” tutup Bupati. (A-F)