Bulan Suci Ramadhan Tradisi Suku Bathin Merangin Bantai Adat

502

MERANGIN-Bantaian Adat merupakan salah satu tradisi turun temurun dari suku Batin yang berada di Kabupaten Merangin
Pada Tahun ini 2021, dan ada 11 Kecamatan yang melaksanakan bantai Adat terutama pemotongan ternak Kerbau dan Sapi dengan jumlah pemotongan hewan dari 11 Kecamatan sebanya 261 ekor Kerbau dan 9 ekor Sapi.

Proses bantai Adat dengan penerapan protokol kesehatan dan beberapa aturan, Senub 12 April 2021 / Ithnyan 28 Syaban 1442.

Menurut AGUS SALIM Kabit Peternakan dan Keswan dia juga melakukan pemotong langsung terhadap kerbau pada acara bantai Adat dan menurutnya bahwa dari kegiatan bantai Adat jumlah ternak Kerbau yg dipotong menjelang bulan suci Ramadha yang dilakukan oleh masyarakat mulai hari Jum’at 9-4-2021 sampai hari senin 13-4-2021 total kerbau berjumlah 261 dan Sapi sebanyak 9 ekor dan semua ludes tak bersisa.

” Tahun ini semua yang di potong habis semua habis tidak tersisa bahkan pagi tadi masih ada masyarakat yang tidak dapat membeli daging” ucapnya.

Agus menambahkan bahwa tahun ini yang hadir ke lokasi bantai Adat hanya mereka yang membeli saja karena menimbang warga tidak boleh kerumunan yang hadir harus patuh protokol kesehatan di tengah pandemi covid-19
” Tahun ini agak beda yang ke lokasi cukup yang membeli saja tidak ada acara lain karena covid 19.

Jadi kita agak terbatas karena harus menjaga protokol kesehatan juga” Tutupnya.

Luar biasa!!! Transaksi Jual Beli Di Lokasi Bantaian Adat dalam Kabupaten Merangin Capai Meliyaran rupiah dalam satu Minggu ini hari ini penutupan pemotongan di Kab. Merangin

(Pak Jas)