Bhabinkamtibmas Himbau Warga Agar Tidak Membuka Lahan Dengan Membakar 

33

NETIZENEWS.CO.ID/SAROLANGUN- Bhabinkamtibmas Polsek Pelawan Singkut, Bripka Tomy Nofrizal meminta masyarakat menghentikan kebiasaan membakar lahan, meski dalam skala kecil untuk membuka kebun pertanian. Jika tidak, warga akan berhadapan dengan hukum dalam kasus pidana Karhutla (kebakaran hutan dan lahan).

Seperti yang dilakukan pada hari Kamis (01/02/2018) oleh Bhabinkamtibmas Polsek Pelawan Singkut Bripka Tomy Nofrizal menghimbau kepada Thamrin agar sisa pohon atau tumbuhan yang sudah kering  di perkebunan miliknya jangan di bakar karena bisa berdampak adanya asap tebal dan berkemungkinan api akan menyebar ke perkebunan penduduk setempat.

Selain itu melanggar UU RI No. 32 Thn 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Pasal 98. “Pelaku Pembakaran Lahan diancam Minimal 3 Tahun Penjara Maksimal 10 Tahun Penjara dan Denda minimal 3 Miliar Maksimal 10 Miliar Rupiah, “ ujar Bripka Tomy Nofrizal.

“Mulai sekarang hentikanlah kebiasaan membakar lahan, karena itu membahayakan kesehatan, mengganggu perekonomian. Sanksinya bisa berhadapan dengan hukum,” kata Babinkamtibmas Polsek Pelawan Singkut Bripka Tomy Nofrizal kepada salah satu warga Desa Lubuk Sayak Kecamatan Pelawan.

Penulis  : Ikhsan
Editor    : Sopyan Abusro