Baznas Kab.Sarolangun Sosialisasi JuknisTata Kerja Pengumpul Zakat

168

SAROLANGUN-Baznas Kabupaten Sarolangun melaksanakan rangkaian kegiatan sosialisasi tentang Petunjuk Teknis Pembentukan dan Tata Kerja Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di Kecamatan Batang Asai yang bertempat di Kantor Camat Batang Asai. Selasa 28 September 2021 / Thalaathaa 21 Safar 1443.

Sosialisasi ini merupakan sosialisasi ke-10 yang dilaksanakan Baznas Kabupaten Sarolangun dalam rangka membentuk UPZ Desa/Kelurahan.

Hal penting yang disampaikan dalam kegiatan ini adalah tentang pendataan mustahik, pendataan muzaki, tata cara pengumpulan ZIS serta pelaporan UPZ kepada BAZNAS Kabupaten Sarolangun. Sehingga diharapkan pembentukan UPZ ini berjalan seperti yang diharapkan.

Sosialisasi ini dihadiri oleh Waka III BAZNAS Kabupaten Sarolangun, Imam Haramein, S.H.I., M.H.I, Sekcam Batang Asai, Yudis Kenromora, S.STP., MH, Kasi Kesos Batang Asai, Sumardi, S.Pd.I dan Kepala Desa / Perwakilan Kepala Desa yang ada di Kecamatan Batang Asai.

Salah satu kewajiban umat muslim adalah membayar Zakat. Zakat adalah ibadah yang tercantum di dalam rukun islam. Bagi setiap muslim yang memiliki finansial yang stabil, atau mampu, wajib baginya untuk membayar zakat kepada orang yang membutuhkan.

Di dalam Al-Quran, amalan tentang zakat disebutkan beberapa kali. Seperti dalam surat Al-Araf ayat 156, orang-orang yang akan diberi kebahagiaan di akhirat adalah orang yang menunaikan zakat, ayat tersebut berbunyi,

وَاكْتُبْ لَنَا فِيْ هٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ اِنَّا هُدْنَآ اِلَيْكَۗ قَالَ عَذَابِيْٓ اُصِيْبُ بِهٖ مَنْ اَشَاۤءُۚ وَرَحْمَتِيْ وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍۗ فَسَاَكْتُبُهَا
لِلَّذِيْنَ يَتَّقُوْنَ وَيُؤْتُوْنَ الزَّكٰوةَ وَالَّذِيْنَ هُمْ بِاٰيٰتِنَا يُؤْمِنُوْنَۚ

#GerakanCintaZakat
#SemestaKebajikanZakat