Bantu 42 Pesantren, Kemenag Apresiasi Bupati Cek Endra

83

H.M Syatar Kepala Kemenag Kabupaten Sarolangun, saat diwawancarai Awak Media

SAROLANGUN- Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sarolangun mengapresiasi Bupati Cek Endra dalam mendukung pembangunan dan memajukan Pesantren di Kabupaten Sarolangun, karena dalam kepemimpinannya Pesantren tumbuh pesat dengan jumlah pesantren saat ini 42 Pesantren.

Perhatian dan bantuan Bupati Cek Endra ini diapresiasi Kepala Kemenag Kabupaten Sarolangun H. M Syatar, menurutnya bantuan Bupati Cek Endra tidak hanya dalam bantuan moral dan dalam pembangunan fisik saja, perhatian Bupati Cek Endra dinilai bertambah besar dengan bantuan biaya operasional Rp 10 Juta per Tahun setiap pesantren untuk semua pesantren se Kabupaten Sarolangun.

“Saya atas nama Kepala Kemenag Sarolangun sangat mengapresiasi Bupati Cek Endra, terima kasih banyak, telah sangat banyak membantu pembangunan dan memajukan Pesantren di Kabupaten Sarolangun,” ucap HM Syatar Kepala Kemenag Sarolangun, Jum’at (3/1/2020) usai upacara Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag ke 74 di kantor Kemenag Sarolangun.

Kepala Kemenag Sarolangun HM Syatar menyebut dalam rangka bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Sarolangun, bisa membangun umat untuk lebih baik dengan langkah bersama membangun di bidang keagamaan.

“Alhamdulillah Bupati Cek Endra sangat mendukung, ditambah lagi DPRD, kita sangat bersyukur, Kita berterimakasih, Eksekutif dan Legislatif begitu banyak membantu Pesantren,” tambahnya.

Apresiasi Kepala Kemenag HM Syatar semakin besar dengan program Bupati Cek Endra membantu 42 Pesantren dengan menghibahkan 5 (lima) Hektar lahan untuk setiap Pesantren, hingga mencarikan perusahaan sebagai bapak angkat dalam kemitraan mengolah lahan agar lahan bisa produktif.

“Terlebih lagi, yang sangat kita syukuri, Bupati Cek Endra membantu 42 Pesantren dengan menghibahkan lahan lima Hektar untuk setiap Pesantren dan membantu bagaimana lahan bisa produktif dengan mencarikan bapak angkat dalam kemitraan mengolah lahan, jadi pesantren tinggal menerima hasil,” terang HM Syatar.

HM Syatar mengakui, pertumbuhan pesantren selama kepemimpinan Bupati Cek Endra sangat pesat dan
eksistensi pesantren jelas dampaknya,

“Selama Kepemimpinan Bupati Cek Endra, Pesantren begitu berkembang pesat, dan eksistensi Pesantren jelas dampaknya, karena bantuan Pemerintah, sampai sekarang belum ada laporan pesantren yang tutup,” jelas HM Syatar.

Dengan demikian, Kepala Kemenag Sarolangun HM Syatar berharap, ke depannya Pemerintah tetap membantu pembangunan dan memajukan Pesantren, melengkapi bangunan fisik dan meningkatkan kesejahteraan guru-guru Pesantren.

“Kita berharap ke depannya Pemerintah tetap membantu pembangunan fisik seperti membangun asrama, ruang kelas belajar (RKB) dan peningkatan kesejahteraan guru,” pungkas HM Syatar yang dalam waktu dekat akan melakukan pemilihan struktur pengurus baru Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Kabupaten Sarolangun. (*)

(Abah Agus)