Bakar Hutan Ancam 10 Tahun Penjara Denda 10 Miliar. Maklumat Kapolda Jambi Larang Bakar Hutan

35

NETIZENEWS.CO.ID/SAROLANGUN-Melaksanakan Sambang dan Sosialisasi Bhabinkamtibmas Polsek Bathin VIII menyampaikan Maklumat Kapolda Jambi dan Himbauan Kapolres Sarolangun tentang Dampak Lingkungan Kesehatan akibat Kebakaran hutan dan perkebunan dan apabila hal itu terjadi maka dikenakan sanksi pidana dan ditambah dengan denda bagi pelaku Karhutla.

Bhabinkamtibmas beserta regu patroli menyambangi Unit BRI Limbur Tembesi  Kecamatan Bathin VIII, Selasa (20/02/2018) Masehi, atau Ath-Thalaathaa 4 Jumadil Akhir 1439 Hijriah, mensosialisasikan penyampaian Maklumat Kapolda Jambi dan Himbauan Kapolres Sarolangun tentang larangan membuka lahan hutan dengan cara dibakar. Karena perbuatan tersebut merupakan kejahatan tindak pidana.

Perbuatan tersebut selain dari ancaman pidana juga berdampak terhadap Kerusakan lingkungan hidup, Flora, dan Fauna, ganguan kesehatan yang disebabkan asap (ISPA), ganguan terhadap kegiatan pendidikan mengajar dan belajar, transportasi, perekonomian, dan buruknya citra bangsa Indonesia dilingkungan masyarakat Internasional yang   menganggap sebagai “bangsa pembakar hutan”.

Diharapkan dengan telah disampaikanya Maklumat dan Himbauan tersebut, masyarakat dapat pencerahan hukum dan tidak melakukan pembakaran hutan dan Lahan perkebunan, Karena sudah dijelaskan secara tegas.

Bagi pelaku Karhutla dapat diproses sesuai dengan Perundang-undangan yang tercantum dalam “Pasal 108 UU RI No. 39 Tahun 2014 dapat dipidana Penjara selama 10 Tahun dan Denda 10 Miliar, kemudian Bhabinkamtibmas juga menghimbau ke pada warga apa bila melihat atau mengetahui ada kebakaran lahan atau kebun segera menghubungi Bhabinkamtibmas atau Polsek Bathin VIII.

(Sopyan Abusro)