Anugerah Pesona Indonesia, Wisata Bukit Tempurung Sarolangun Juara 2

321
Foto : Wabup Sarolangun H Hillalatil Badri didampingi Istri serta Kadis Parpora M Idrus dan Kades Lubuk Bangkar Radinal Muchtar, saat menerima penghargaan API 2020

SAROLANGUN – Dijuluki sebagai Negeri di Atas Awan, Wisata Alam Bukit Tempurung juara 2 terpopuler setelah Fulan Fehan Kabupaten Belu, pada Anugerah Pesona Pesona Indonesia (API) V tahun 2020.

Lokasi wisata alam yang berada di Desa Lubuk Bangkar, Kecamatan Batang Asai, Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi ini terkenal dengan pemandangan yang indah dengan ketinggian 820 MDPL, Wisata Alam Bukit Tempurung memiliki keindahan yang luar biasa, dikelola dengan dana program pemerintah, khususnya dengan dana P2DK, program ekonomi kerakyatan dalam kepemimpinan Bupati Cek Endra, sehingga masyarakat Sarolangun dan pengunjung dari luar daerah pun menyebutnya dengan julukan Negeri di Atas Awan.

Penghargaan Anugerah Pariwisata Indonesia (API) merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia.

API V tahun 2020 digelar di arena terbuka Hotel Inayabay Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan ketat pada Kamis, (20/5/2021) malam yang dihadiri menteri pariwisata secara virtual, gubernur NTT, dan para bupati.

Dari Kabupaten Sarolangun dihadiri Wakil Bupati H Hillalatil Badri mewakili Bupati Cek Endra didampingi Kepala Disparpora M Idrus dan Radinal Muchtar Kades Lubuk Bangkar Kecamatan Batang Asai.

Radinal Muchtar, Kades Lubuk Bangkar mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Sarolangun.

“Alhamdulillah, juara 2 kategori dataran tinggi. Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh masyarakat Kabupaten Sarolangun terutama masyarakat Batang Asai Desa Lubuk Bangkar, dan khususnya Bupati dan Wakil Bupati Sarolangun, Dinas Parpora dan seluruh OPD,” kata Radinal, Jumat 21 Mei 2021.

Diketahui, kecamatan Batang Asai memiliki banyak potensi pariwisata yang dapat dikembangkan di setiap desa, antara lain panorama perbukitan yang penuh dengan hamparan kebun kopi, air terjun, tempat pemandian, goa, garam inum dan potensi lainnya.

“Kami berharap kedepannya kawan-kawan kepala desa yang ada di Batang Asai agar mengembangkan objek wisata di desanya masing-masing, dan kedepannya dapat dijadikan paket wisata, karena Batang Asai termasuk surga wisata alam dengan pemandangan yang luar biasa indahnya,” Ucap Kades Radinal.(*)