Agenda Pertemuan Tertutup dg Perusahan, Wabup Batalkan, Perusahan Mangkir Hadir

40

SAROLANGUN – Agenda pertemuan tertutup antara pihak perusahaan dan pemerintah daerah Kabupaten Sarolangun  batal total, pasalnya para petinggi perusahaan mangkir hadir dalam memenuhi undangan Pemkab Sarolangun.

Wakil Bupati Sarolangun H. Hilallatil Badri, membatalkan pertemuan yang diagendakan secara tertutup diruang kantor Wakil Bupati dengan pihak perusahaan.

” amdal itu maksimal seratus meter nah kenyataannya, kita harus membuat komitmen terhadap perizinan, akibatnya nanti timbul persoalan. Jadi kita harus punya komitmen bersama terhadap perizinan kepada peruhanan tersebut,”  ungkapnya.

Lanjut Hilal, belajar dari persoalan  di daerah lain  banyak tanah longsor atau tertimbun akibat tambang, maka pihak pemerintah mengupayakan reklamasi sesuai kesapakatan izin SIU dan SIUP.

“Kita tunda sampai kamis depan, dari 14 perusahaan yang diundang tidak ada petinggi atau orang yg berkompeten, malah  tidak bisa menyelesaikan masalah,” cetus Hilal.

Tito dari perusahaan PT. KBB  membenarkan, rapat hari ini yang digelar ditunda oleh pemerintah Kabupaten Sarolangun.

“Ditunda, karena hasil pertemuan singkat tadi, pak Wabup minta yang hadir langsung pimpinannya.

Terpisah, tokoh masyarakat kabupaten Sarolangun menyayangkan atas banyaknya pihak perusahaan yang tidak melakukan reklamasi galian tambang.” dulu pernah saya dengar dan belum tentu kebenarannya, bahwa pihak perusahaan telah menyepakati

Peraturan reklamasi bersama perintah daerah, dalam kesapakatan tersebut tentu ada biaya kosnya untuk reklamasi, jadi apakah perusahaan yang melakukan reklamasi atau pemerintah, dan siapa yang harus bertangungjawab masalah ini” kata pria yang engan disebut namanya.

(Afdol)