2 Pengedar & Pengguna Narkoba Berhasil Diamankan Satres Narkoba Merangin

115

MERANGIN – Aparat Kepolisian Satuan Reserse Narkoba Polres Merangin kembali berhasil mengamankan 2 pengedar dan pengguna narkoba jenis sabu di Kecamatan Pamenang Barat dan Kecamatan Pamenang Selatan. Dari tangan kedua pelaku, polisi berhasil menyita narkotika jenis shabu seberat 1,80 gram yang disimpan dalam plastik berwarna bening.

Penangkapan dua pelaku ini berawal dari laporan masyarakat, dimana di wilayah Desa Pinang Merah, Kecamatan Pamenang Barat sering terjadi transaksi narkotika jenis shabu. Dari laporan tersebut, Tim Opsnal Sat Narkoba langsung menuju lokasi pada Jum`at (28/9/2018), sekitar pukul 17.00 WIB. Saat itu, Tim Opsnal Sat Narkoba melihat seseorang yang dicurigai berinisial AS (28), Warga Desa Muara Belengo, Kecamatan Pamenang.

Setelah diamankan dan dilakukan penggeledahan, ditemukan dalam kantong celana pelaku narkotika jenis shabu sebanyak 13 paket dengan berat total sebanyak 1.80 gram. Usai menemukan barang bukti, pelaku dan barang bukti langsung dibawa ke Polres Merangin.

Dalam interogasi aparat kepolisian, pelaku mengakui jika mendapatkan barang haram dari seseorang yang ada di Desa Sialang, Kecamatan Renah Pamenang. Sekitar pukul 17.30 WIB, Tim Opsnal Sat Narkoba kembali bergerak ke Desa Sialang.

Setiba dilokasi, aparat kepolisian mencurigai bernama WY (44), Warga Desa Sialang, Kecamatan Renah Pamenang. Saat aparat kepolisian ingin menangkap pelaku, pelaku berusaha untuk melarikan diri sembari membuang sesuatu, namun naas pelarian pelaku tak bisa membuat dirinya selamat dan akhirnya pelaku berhasil dibekuk bersama barang bukti narkotika jenis shabu yang dibuangnya.

Dari tangan pelaku WY, diamankan satu paket kecil narkotika jenis shabu sebanyak 0,10 gram, senjata tajam berbentuk senjata api, alat hisap shabu. Kemudian barang bukti dan pelaku digelandang ke Mapolres Merangin untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Kapolres Merangin AKBP I Kade Utama Wijaya,SIK,MH membenarkan jika anggotanya telah mengamankan dua pelaku penyalahgunaan narkotika jenis shabu.

“Kedua pelaku ini diamankan di dua lokasi yang berbeda, namun satu sama lain masih mempunyai keterkaitan jaringan, pelaku ini mengedarkan narkotikanya ke perdesaan yang ada di Kecamatan Pamenang Barat dan Pamenang Selatan,” ujar AKBP I Kade Utama Wijaya, Senin (1/10/2018).

Kapolres juga mengatakan, kedua pelaku kini sudah mendekam di sel tahanan Mapolres Merangin dan kini sedang menjalani proses pemeriksaan.

“Untuk pelaku akan kita jerat dengan pasal 112 ayat 1 dan 114 ayat 1 undang-undang narkotika nomor 35 tahun 2009 dengan ancaman penjara diatas lima tahun,” (Sandi Romi )