Tonton “Korban Begal Ucap Terimakasih Pd Polsek Pelawan Singkut” di YouTube

SAROLANGUN – Pihak kepolisian dari Mapolsek Pelawan Singkat, kembali berhasil meringkus satu pelaku pencurian dan kekerasan (Curas). Pelaku diketahui indititasnya berinisial RA (27) tahun beralamat di Desa Ambacang Baru Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas Utara Propinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Kapolres Sarolangun AKBP Dadan Wira Laksana SIK M.AP melalui Kapolsek Pelawan Singkut IPTU A Soekany Daulay SH MH, saat dikonfirmasi wartawan secara tegas membenarkan kejadian tersebut.

“Pelaku kami amankan berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP/B-27/VI/2019/JAMBI/RES SRL/SEK PEL. SINGKUT, tanggal 15 Juni 2019” tegas Kapolsek

Sedangkan yang menjadi korban pencurian dan kekerasan pelaku bernama Vibia, tercatat sebagai Warga Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi.

Disela itu juga Kapolsek menerangkan waktu dan tempat kejadian. Terjadi pada hari Sabtu tanggal 15 Juni 2019, sekira pukul 08.06 Wib di Jalan Lintas Sumatera Tripa Desa Pelawan Jaya Kecamatan Pelawan.

Pada saat Korban yang mengendarai kendaraan bermotor berboncengan dengan temannya hendak menuju sekolah. Sepeda Motor yang dikendarainya merk Honda Beat warna biru putih.

Korban saat itu tak menduga bakal menjadi korban Curas, karena secara tiba-tiba di pepet oleh pelaku yang mengunakan Sepeda Motor jenis Yamaha Vixision warna hitam putih tanpa Nopol datang dari arah belakang dan langsung mematikan kunci kontak sepeda motor korban.

Saat motor berhenti pelaku langsung memukul tangan kanan korban dengan keras, tidak hanya sampai disitu Pelaku tanpa belas kasihan mendorong korban yang masih duduk dibangku sekolah.

Agar turun dari kenderaannya dan Pelaku yang satu berteriak kasihkan motornyo dek kalau tidak kalian mati.

Dikarnakan korban ketakutan dan teman korban turun dari motor, kemudian pelaku dengan leluasa manarik setang motor korban. “Seterusnya Pelaku langsung membawa sepeda motor Honda Beat milik korban” terangnya

Melihat sepeda motornya dilarikan pelaku, secara spontan korban berteriak minta bantuan kepada masyarakat, termasuk menghubungi bapak korban melalui Via Handphone .

Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp10 juta (sepuluh juta rupiah) dan mengalami kesakitan akibat di pukul pelaku.

Penangkapan terhadap pelaku berawal pada saat Team PAB Patroli Anti Bandit (PAB) Polsek Pelawan Singkut melaksakan Patroli Tertutup (Pattup) yang stanby di Simpang Singkut V Kecamatan Singkut. Ada mendapatkan informasi dari anggota Pospol Pelawan yang juga sama melaksanakan patroli tertutup diwilayah Kecamatan Pelawan yang menyebutkan telah terjadi tindak pidana pencurian dengan kekerasan (Curas) pasal 365 KUHP terhadap anak sekolah SMP di Singkut VII dengan ciri-ciri sepeda motor milik Korban yang diambil oleh pelaku Honda beat dengan No Pol BH- 2286-QR, warna biru putih.

“Pelaku berjumlah dua orang dengan mengunakan kendaraan Honda VVixion warna hitam putih” tambahnya

Mendapat informasi tersebut, lanjutnya kemudian personel yang stanby di Simpang Singkut V langsung melakukan penyisiran dijalan lintas, pada saat melakukan penyisiran personel melihat ada pengendara sepeda motor dengan kecepatan tinggi mengarah ke Rawas Kabupaten Muratara Provinsi Sumatera Selatan. Melihat hal itu lalu personel kepolisian melakukan pengejaran hingga sampai di Desa Sungai Jauh Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Muratara.

Saat itu personel langsung memberikan himbauan disertai tembakan peringatan keudara berulang ulang kali.

Tujuannya agar kenderaan yang cukup kencang dikendarai pelaku berhenti, rupanya tembakan peringatan tidak dihiraukan pelaku, malah Pelaku kian kencang memacu laju sepeda motor yang dikendarainya.

Tak mau curiannya kabur begitu saja, dengan sangat terpaksa personel Polsek Pelawan Singkut melakukan tindakan tegas dan terukur kepada pelaku.

“Dengan cara menembak ke arah kaki Pelaku, sehingga pelaku dapat dilumpuhkan, kemudian Pelaku bersama barang bukti sepeda motor milik korban berhasil kami amankan” pungkasnya

Untuk teman pelaku yang berhasil melarikan diri dengan mengunakan Honda VIXON Vixion warna hitam putih ke arah Rawas, dari hasil introgasi pelaku yang berhasil ditangkap. Teman pelaku yang identitasnya sudah dikantongi petugas, saat ini masih di lakukan pengejaran dan menjadi daftar pencarian orang (DPO) Polsek Pelawan Singkut.

(Yunus)