Tonton “Kembali Kebakaran Lahan Kebun Sawit Terjadi di Kab. Sarolangun” di YouTube

 

SAROLANGUN – Kebakaran lahan kembali terjadi di Kabupaten Sarolangun, Rabu (17/07/2019) sore sekira pukul 15.00 WIB, kebakaran lahan kebun sawit yang terjadi pada rabu sore sekira satu hektar di Kelurahan Limbur Tembesi Kecamatan Bathin VIII Kabupaten Sarolangun, kebun tersebut diketahui milik Supatman warga Kecamatan Bathin VIII.

Kebakaran kebun sawit diduga penyebabnya adalah dari api puntung rokok warga yang lewat melintasin lahan sawit tersebut.

1 unit mobil pemadam kebakaran turun ke lokasi untuk melakukan pemadaman api  setelah mendapat laporan dari Samsudin warga Limbur Tembesi, petugas pemadam kebakaran yang turun melakukan pemadaman api sempat terkendala dengan jauhnya masuk ke tengah hutan sehingga petugas harus mengeluarkan selang yang panjang.

Dalam pemadaman api damkar menerjunkan satu regu tim damkar dan dibantu oleh  2 orang anggta TNI serta di bantu 6 orang anggota tim BPBD Sarolangun dan 15 anggota Manggala Agni, dan api berhasil dipadamkan petugas sekira pukul 17.00 WIB.

Kopka Aan Satria Danton damkar Sarolangun yang merupakan daerah rawan akan terjadinya Karhutla dan kebakaran lahan ini diduga akibat dari kelalaian masyarakat yang sembarangan membuang puntung rokok sehingga mengakibatkan api membesar terlebih saat ini rumputan yang kering sehingga dimusim kemarau ini sangat mudah terjadi kebakaran lahan dan hutan,  untuk itu Aan meminta warga Sarolangun agar berhati hati dan tidak melakukan perluasan lahan dengan cara membakar.

(Afdol)