Polair Polda Jambi Naik Status Nakhoda Kapal Pembawa 300 Dus Miras Selundupan Jadi Tersangka

Hari ini telah digelar ekposal Kapal Patroli Anis Madu 3009 dari Polairud Mabes Polri (Baharkam Polri) yang telah menggagalkan penyelundupan kurang lebih 300 dus minuman keras ilegal di wilayah perairan Tanjab Barat. Pemilik ribu botol minuman keras (miras) ilegal berbagai merek, berinisial Wistas merupakan warga Batam.

Dir Polda Polair Jambi Kombes Pol Fauzi Bakti Mochji yang melakukan ekpos pada hari ini, Senin (3/12/2018) di Mako Polair Polda Jambi, mengatakan, pihaknya masih melakukan pendalaman atas kasus ini.

“Sekarang masih kami dalami. Bahkan pemilik kapal pun dan kami masih selidiki,” ujarnya,

Dir Polair mengungkapkan, Suhardi alias Alwi yang merupakan nakhoda kapal telah ditetapkan sebagai tersangka lantaran dalam pemeriksaan dia tidak bisa membuktikan surat lelang bersama 6 orang ABK.

“Pengakuannya sudah tiga kali membawa barang ilegal. Dua kali rokok, satu kali miras ini,” katanya.

Dir Polair juga mengatakan, pihaknya akan mengundang ahli dari Dirjen Perdagangan, Dirjen Perhubungan Laut dan Jaksa Penuntut Umum Kejati Jambi.

“Untuk saat ini kita belum mengarah ke cukainya. Itu nanti setelah kita undang ahli,” jelasnya.

Suhardi terancam Pasal 323 ayat 1, UU RI nomor 17 tahun 2008 tentang Pelayaran dan Pasal 110 UU RI nomor 7 tahun 2014 tentang Perdagangan dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

Kerugian negara dalam kasus ini ditaksir sebesar satu milyar dua ratus juta rupiah.

Penulis Lilik Adhi