Masuk Hari Tenang Bawaslu, Pol PP, Dinas Perkim, dan Polres Sarolangun Turunkan APK 

Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu) kabupaten Sarolangun  membersihkan alat peraga kampanye (APK)  yang berbaris di simpang empat Sarolangun Minggu (14/04/2019)

Pencopotan APK memasuki hari tenang ini juga dibantu petugas gabungan dari Pol – PP dan di back up Polres Sarolangun, Dinas Perkim ketua Bawaslu, dan beserta anggota Bawaslu Kabupaten Sarolangun.

Ketua Bawaslu Edi Martono, mengatakan, pembersihan APK telah dimulai Sabtu sekitar pukul 00.00 hingga 18.00 WIB. Disebutkan
pembersihan dilakukan di jalan-jalan
mulai dari Sungai Abang sampai ke Muara Danau kita turun semua dan sampai terkecuali ” ucapan Edi Martono.

Edi Martino, sebelum dilakukan pembersihan, pihaknya terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan pasangan calon, petugas penghubung, tim sukses, dan sejumlah pihak lainnya terkait APK yang masih terpasang tersebut.

“Sebab, ini kan sudah usai masa kampanye. Maka itu, baliho yang bukan dari KPU harus dicopot,” tukasnya,

Pembersihan (APK ) ini sesuai dengan PKPU kampanye nomor 4 tahun 2017 pasal 10 ayat 5 yang isinya pasangan calon yang memasang APK sebelum masa kampanye, wajib membuka APK tersebut dan yang membuktikan adalah pasangan calon itu sendiri.

Ketua Bawaslu, Edi Martono juga meminta kepada semua Caleg tidak ada lagi yang beraktivitas dalam masa hari tenang, tegasnya.

(Afdol)