GP Ansor Terjunkan Relawan Banser Jaga Gereja di Malam Natal

Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) akan menerjunkan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dalam pengamanan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Ansor mengklaim hal itu dilakukan sebagai tindakan toleransi antarumat beragama di Indonesia.

“Itu bentuk kepedulian kami untuk menjaga kerukunan antarumat beragama. Bukan hanya umat Islam, semua warga negara harus diayomi, dijaga agar tercipta rasa aman dan nyaman dalam melaksakanan ibadah,” tegas Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas melalui keterangannya kepada CNNIndonesia.com, Senin (24/12)

Pria yang akrab disapa Gus Yaqut ini mengatakan, Ansor dan Banser sejatinya tidak akan tinggal diam ketika keberagaman Indonesia diganggu oleh sekelompok pihak. Sebab, jiika ada gangguan, maka itu adalah indikasi ancaman terhadap Indonesia dan keberagaman di Indonesia.

“Tidak hanya menjaga gereja, kita juga turun jika diminta membantu menjaga keamanan ibadah umat beragama lain,” ungkap Gus Yaqut.

Lebih lanjut, Kepala Satuan Koordinasi Nasional (Kasatkornas) Banser Alfa Isnaeni menyatakan siap jika diperintahkan Ketua Umum GP Ansor untuk mengamankan ibadah Natal bersama aparat keamanan.

Menurut Alfa, menciptakan rasa aman dan nyaman bukan hanya menjadi kewajiban negara dan pemerintah, tetapi juga butuh partisipasi dari seluruh komponen masyarakat. Banser, lanjut dia, diharapkan bisa menjadi salah satu komponen tersebut.

“Jika diminta aparat, kami siap membantu menjaga ketertiban, ketentraman, dan keamanan umat Kristiani dalam menjalankan ibadah Natal, termasuk pengamanan Tahun Baru 2019 mendatang,” ungkap Alfa.

Alfa melanjutkan, Banser selama ini telah menjadi bagian dalam menjaga toleransi beragama, seperti menjaga kebebasan beribadah di hari Natal bagi umat Kristiani atau umat agama lain. Hal sama juga dilakukan dalam pengamanan hari besar Islam, seperti Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Untuk perayaan Natal dan Tahun Baru 2019, sekali lagi, Banser dalam posisi membantu para aparat, baik Polri maupun TNI. Bantuan Banser kepada polisi dan TNI, dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru, sesuai dengan standard operational procedure,” kata dia.
sumber: cnnindonesia