Dinas PKPP Kab. Sarolangun Gelar Pembinaan & Sosialisasi Perda Sedot Tinja

NETIZENEWS.CO.ID/SAROLANGUN-Pemerintah Daerah Kabupaten Sarolangun melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan dan dilanjutlan UPTD TPA-IPLT menggelar Pembinaan dan Sosialisasi Perda Sedot Tinja yang dihadiri Camat Sarolangum M. Indrus, Kabid BPPRD Muhammad Adhim, S.IP,ME, kabid DLHD Aliyasak, Kasi UPTD TPA Johan, dihadiri peserta pihak pengusaha Hotel, pihak Bank, Mahasiswa, dan toko masyarakat , rabu (23/8/2017) di aula Dinas PKPP Perkantoran Gunung Kembang.

Sebelumnya aturan terkait penyedotan tinja/kakus tertuang dalam peraturan daerah (Perda) Kabupaten Sarolangun Nomor 19 tahun 2015 tentang Retribusi penyediaan dan/atau Penyedotan Kakus. Dimana pada pasal 4 ayat 1 dijelaskan bahwa subjek Retribusi adalah orang pribadi atau badan yang menggunakan dan menikmati Kasa Pelayanan penyediaan dan/atau Penyedotan Kakus.
Menurut Kabid Pajak dan Retribusi Muhammad Adhim untuk mendongkrak Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) Kab. Sarolangun kita upayakan berbagai upaya pendekatan diantaranya Pendekatan bekerja sama dengan pihak Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Pertanahan Kab. Sarolangun, dan melibatkan semua elemen masyarakat tentang Perpajakan dan Retribusi, ujarnya.

Pemkab Sarolangun telah memiliki 1 unit Prasarana Pengelola air limbah somestic berupa Instalasi Pengelolaan Lumpur Tinja (IPLT) yang berlokasi di Desa Bukit Kecamatan Pelawan berada dalam satu lokasi dengan TPA Tembok Cino, dan didirikan pada tahun 2016 merupakan bantuan dari Menteri PU dan Pera.

UPTD TPA-IPLT dapat melayani penyedotan tinja/kakus diantaranya, Perumahan, Perkantoran, Sekolahan, Pabrik, Perusahaan dan sebagainya, adapun besarnya tarif Retribusi Penyediaan dan/atau Penyedotan Kakus, Septic Tank ukuran. 0,0 m3-1,999 m2 dikenakan biaya 200 ribu rupiah, dan Septictank ukuran, 8,0 m3-8,999 m3 dikenakan Rp. 1, 500.000,- dan apabila lokasi pelayanan penyedot berjarak melebihi radius 15 Km dari pusat Kota maka akan dikenakan biaya tambahan sebesar 10 ribu/ Km, dan dapat menghubungi Pelayanan Contac Person, Syaiful (0823-7617-5191) dan Fadol (0823-1124-6124)

Menurut M. Idrus persoalan sosialisasi itu merupakan tugas kita bersama antara pemerintah dan masyarakat bekerjasama untuk menyampaikan kepada masyarakat, diantaranya standarisasi pembuatan Septictank dengan jarak sumur radius 10 m, namun apakah kita pernah berpikit selama ini antara Septictank dengan rumah tetangga juga khendaknya ada kepedulian antar tetangga demi menjaga kesehatan kita bersama, ini sudah menjadi tanggung jawab kita, katanya.

(Sopyan Abusro)