Dantim intelrem 042 / Gapu Amankan Pelaku Pembakaran Lahan

SAROLANGUN – Dantim intelrem 042 / Gapu melaporkan pada hari Sabtu tanggal 21 September 2019 sekitar pukul 11.30 WIB bertempat di Desa Gurun Mudo Kecamatan . Mandiangin Kab. Sarolangun telah di amankan seorang terduga Pembakaran Lahan dari salah seorang masyarakat Desa Gurun Mudo, Kecamatan Mandiangin, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi.

Penindakan ini berdasarkan laporan Tim Patdu di wilayah Kecamatan Mandiangin Posko Desa Taman Dewa dalam hal ini adalah Wilayah Tim II di Desa Gurun Mudo Kec. Mandiangin Kab. Sarolangun.

Pada pukul 10.00 WIB Tim Patdu melaporkan ke Kapolsek Mandiangin Iptu Adi Prayitno dan Dantim II Subsatgas 4 Karhutla Kec. Mandiangin Sertu Beni Susanto.

Sekitar pukul 10.15 WIB Dantim II Subsatgas 4 menghubungi anggota Unit Intel Kodim Sarko An, Serma Irwin Edison dan Anggota Team Intelrem An, Sertu Ariantoni meminta membantu untuk mengamankan salah seorang Terduga Pembakar lahan di Desa Gurun Mudo Kec. Mandiangin Kab. Sarolangun.

Sekitar pukul 12.30 WIB Team gabungan tersebut sampai di lokasi kebakaran lahan dan di lahan tersebut di amankan salah seorang masyarakat yang sedang berada di pondok kebun yang lagi di lahan.

Diketahui Identitas pelaku Pembakaran lahan Muhammad Gani (60) tahan, Pekerjaan Tani
warga Desa Gurun Mudo Kecamatan Mandiangin Kab. Sarolangun.

Team Gabungan yang melakukan Penindakan Sertu Ariantoni Anggota Team Intelrem 042 / Gapu
Serma Irwin Edison Anggota Unit Intel Kodim 0420 / Sarko
Sertu Beni Susanto Dantim II Subsatgas 4 Karhutla Kec. Mandiangin Kab. Sarolangun

Sertu Edi Setiadi anggota Koramil 03 Pauh Kodim 0420 / Sarko
Brigadir Julpri Siagian Anggota Polsek Mandiangin
Bribtu Prengkiyansah Anggota Polsek Mandiangin

Tim Patdu Wilayah 4 Kecamatan Mandiangin Brigadir Sutomo anggota Polsek Mandiangin
Kopda Nezton Triadi anggota Koramil 03 Pauh Kodim 0420 /Sarko, Anggota Manggala Agni 4 Orang dari Kab. Sarolangun.

Adapun barang bukti yang di amankan adalah sebagai berikut :

Buah korek gas warna kuning
Buah golok dan parang
Buah Gergaji. Buah Temilang. Buah Cangkul. Buah Gunting Seng
Buah Palu Buah potongan Sen untuk menanam pohon Sawit.

Adapun pengakuan Terduga Pembakar lahan tersebut adalah  sebagai

Pada saat Timdu melaksanakan patroli pengecekan di daerah wilayah Desa Gurun Mudo Kec. Mandiangin Kab. Sarolangun sekitar pukul 09.00 WIB bertemu dengan salah seorang masyarakat yang sedang berada di pondok dan Timdu menanyakan masalah penyebab kebakaran yang berada di sekitar areal tersebut.

Pengakuan salah seorang warga masyarakat An. Bapak Muhammad Gani menyampaikan kepada Timdu yang membakar adalah dia sendiri dengan mengunakan Korek Api Gas dengan cara mengumpulkan potongan kayu yang sudah di panduk di potong

Pengakuan Bapak Muhammad Gani  lokasi kebun yang di bakar adalah kepunyaan Sdr. M.Zen (40) tahan warga Desa Gurun Mudo

Sekitar Pukul 13.30 WIB team gabungan keluar dari lokasi dan mengamankan terduga Pembakar lahan tersebut. Terduga Pembakar lahan sudah di amankan oleh team Gabungan tersebut di atas dan sampai saat sekarang terduga masih di ambil keterangan di Polsek Mandiangin Polres Sarolangun.

Membuka lahan dengan cara membakar adalah sudah menjadi kebiasaan masyarakat sehingga menimbulkan dampak asap yang bisa mengganggu lingkungan.

Dengan adanya kejadian seperti ini
sehingga kedepannya di harapkan masyarakat bisa berhati -hati saat membuka lahan baru supaya tidak menimbulkan kebakaran yang berlarut-larut.

“Tersangka lansung di bawak Kepolres sarolangun untuk memintak keterangan lebih lanjut ”

(Afdol)